Sabtu 02 Jan 2021 14:12 WIB

Ketua KONI: Alex Asmasoebrata Berjasa untuk Dunia Olahraga

Alex berpulang ke pangkuan yang Maha Kuasa pada Sabtu (2/1) Pukul 00:15 WIB.

H.M.A.S. Alex Asmasoebrata (kedua kanan) dalam sebuah kesempatan.
Foto: Dok. Pri
H.M.A.S. Alex Asmasoebrata (kedua kanan) dalam sebuah kesempatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman terpukul atas wafatnya H.M.A.S. Alex Asmasoebrata. Ketua Harian Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi) sekaligus Ketua Pengurus Provinsi Pordasi DKI Jakarta itu berpulang ke pangkuan yang Maha Kuasa pada Sabtu (2/1) Pukul 00:15 WIB.

Alex yang dirawat di rumah sakit beberapa hari belakangan ini akhirnya mengembuskan nafas terakhirnya pada usia 69 tahun di RSCM Kencana, Jakarta. 

Menurut Marciano, almarhum adalah sosok yang sangat peduli terhadap dunia olahraga Indonesia, mulai dari balap mobil hingga berkuda. 

Marciano pun mendoakan, almarhum yang sudah sangat berjasa dalam perkembangan olahraga Indonesia, diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT. 

“Semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosanya serta almarhum di terima di tempat terbaik dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan," kata Marciano mendoakan sosok yang saat hidup dikenal taat menunaikan ibadah puasa itu.

Beberapa bulan terakhir, Alex berjuang menghadapi penyakit diabetes, kanker pankreas, dan hati. Beberapa tokoh pun sempat memberikan dukungan moral dengan menjenguknya, seperti Sandiaga Uno dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Semasa hidupnya, Alex dikenal di dunia balap, seangkatan dengan Tinton Suprapto, Aswin Bahar, Dolly Indra Nasution. Di awal 2020, Alex sempat meramaikan balap gokar di Sirkuit International Karting Sentul, Bogor.

Pria kelahiran Sumedang, Jawa Barat ini juga berhasil mendidik putrinya, Alexandra Asmasoebrata menjadi pembalap, bahkan sempat masuk MURI sebagai pembalap perempuan satu-satunya di Indonesia dan tingkat Asia.

Mewakili keluarga besar Pordasi di Tanah Air, Ketua Umum PP Pordasi Triwatty Marciano turut mendoakan almarhum.  “Semoga Pak Alex mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT,  jasa Pak Alex untuk olahraga berkuda akan selalu dikenang," kata Triwatty. 

“Saya mengajak semua Pengurus PP Pordasi dan para komunitas olahraga berkuda untuk Insya Allah berusaha melanjutkan cita-cita dan keinginan terakhir beliau, mengembalikan arena Pacuan di DKI Jakarta," lanjut istri Marciano ini. 

Triwatty mengenang sosok Alex semasa hidup sebagai seseorang yang memegang prinsip dengan kuat. “Pak Alex adalah sosok yang berani dalam mengambil tindakan”, kenangnya. 

Apresiasi pun diberikan kepada Alex yang menjalankan aktivitas walaupun kondisinya kurang sehat. “Walaupun bapak (Alex) dalam kondisi sakit,tetap berjuang demi Pordasi. Perjuangan Pak Alex akan terus kami lanjutkan," katanya.

 

“Insya Allah Mbak Muri (Sofia Muri Mardiana, istri almarhun) diberikan ketabahan dan keikhlasan," ujar dia.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement