Sabtu 02 Jan 2021 05:05 WIB

Atasi Aston Villa, MU Ancam Liverpool

Kemenangan membuat poin MU menyamai Liverpool.

 Harry Maguire (kanan) dan Bruno Fernandes (tengah)
Foto: EPA-EFE/Alex Livesey
Harry Maguire (kanan) dan Bruno Fernandes (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Manchester United (MU) memberikan ancaman nyata ke pemuncak klasemen Liga Inggris, Liverpool. Sukses mengalahkan Aston Villa 2-1. MU kini memiliki poin yang sama dengan Liverpool 33, dari 16 kali pertandingan.

Gol yang lahir di pertandingan tersebut diciptakan Anthony Martial dan Bruno Fernandes. Sementara Aston Villa diciptakan Bertrand Traore.

Dengan tambahan 3 poin ini, MU menempel ketat pemimpin klasemen sementara Liverpool. Kedua tim sama-sama memperoleh poin 33, dari 16 kali pertandingan.

Jalannya Pertandingan

Dalam laga ini pelatih MU Solksjaer mengubah lini tengahnya, dengan mengistirahatkan Namanja Matic, dan memainkan McTominay dan Fred. Ia memasang Rashford dan Martial sebagai dua striker kemabng, dengan disupport Bruno Fernandez.

Menit 10 membuka peluang dengan melapaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti Villa. Namun masih bisa ditepis kiper Martinez. Begitu juga sundulan Harry Maguer masih lemah dan mudah diamankan Martinez.

Di menit 13, Aston Villa memberikan ancaman ke gawang MU. Menerima umpan lambung dari Cash, McGinn yang berlari dari belakang memiliki ruang tembak. Sayang tendangan McGinn masih bisa ditepis De Gea.

Peluang MU kembali tercipta lewat tendangan keras Fred di menit-15 . Namun tendangan dari luar kotak penalti juga masih melambung tipis di atas mistar gawang Martinez.

Pogba menyia-yiakan peluang di menit ke-25. Menerima umpan Bruno Fernandaez, tendangan Pogba masih melebar ke sisi kiri gawang Martinez.

Giliran di menit ke-36 tendangan Bruno Fernandez yang gagal mengarah ke gawang Aston Villa. Menerima umpan Shaw, Bruno melepas tendangan mengarah ke pojok kiri gawang Martinez, namun bola melengkung tersebut belum menyasar ke gawang Martinez.

Gol akhirnya tercipta di menit 39 lewat Martial. Wan Bissaka melepas umpan lambung ke gawang Aston Villa. Bola sempat dihalau bek Aston Villa, namun membentur Martial, yang juga bergerak menyundul bola. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama selesai.

Memasuki babak ke II, Aston Villa yang tertinggal 1-0 mencoba menekan MU.  De Gea melakukan penyelamatan gemilang di menit ke-51. Menerima umpan silang dari Grealish, sundulan Watkins masih bisa ditepis De Gea.

Pada menit ke-53 giliran El Ghazi yang mengancam gawang MU. Lewat serangan balik yang cepat. El Ghazi menemukan ruang tembak dari sisi kanan gawang MU. Sayang tendangannya masih melambung di atas gawang De Gea.

Giliran menit ke-58, Rashford nyaris menggandakan keunggulan MU. Striker muda MU ini menggocek bola di dalam kotak penalti, sebelum melepas tendangan. Namun Martinez masih mampu mengamankannya.

Menit ke-57 akhirnya gol tercipta untuk Aston Villa. Grealish yang lolos dari pengawalan pemain belakang MU, melepas umpan ke kotak penalti. Bola diterima Bertrand Traore yang berdiri bebas. Tendangan kerasnya tak mampu dihadang De Gea. Skor berubah imbang 1-1.

Skor imbang tidak berjalan lama. MU langsung tampil menekan. Berawal dari lemparan ke dalam Shaw ke Pogba. Pemain Prancis ini membawa bola ke dalam kotak penalti, dan dijatuhkan pemain belakang Aston Villa.

Wasit langsung menunjuk titik putih. Bruno Fernandes sukses menjalankan tugasnya. Meskipun Martinez bergerak tepat ke pojok kanan gawangnya, namun tendangan keras Bruno tetap gagal dijangkaunya. Skor 2-1 untuk MU.

Pelatih MU Solksjaer memasukkan Matic menggantikan McTominay. Masuknya Matic menambah lini tengah MU semakin stabil.

Pada menit ke-64, Rashford mengancam gawang Aston Villa. Menemukan ruang tembak dari luar kotak penalti, tendangan Rashford terlalu lemah dan mengarah ke arah Martinez.

Menit ke-65 assist Grealish kembali mengancam MU. Bola lambung yang mengarah ke muka gawang De Gea nyaris disambut pemain Aston Villa. Beruntung bola masih bisa dihalau Wan Bissaka.

Menit ke-73 lagi-lagi MU membuang peluang. Bola silang datar Shaw disambut tendangan keras Pogba. Lagi-lagi bola hanya menyamping di kanan gawang Martinez.

Sementara Aston Villa terus meneror gawang MU melalui umpan-umpan silang lambung. Menit ke 75, lagi-lagi umpan Grealish nyaris berbuah gol. Namun tandukan Watkins melambung tipis di atas mistar gawang De Gea.

MU terus menggempur pertahanan Aston Villa. Martinez melakukan penyelamatan untuk yang kesekian kalinya di menit ke-76. Tendangan keras Bruno Fernandez dari luar kotak penalti, masih bisa ditepis Martinez.

Pelatih Aston Villa pada menit ke 78 memasukan Ramsey untuk lebih menggebrak pertahanan MU. Pada menit ke-82, lagi-lagi bola lambung mengancam gawang MU. Tendangan bebas Grealish kembali berbuah ancaman lewat sundulan Mings. Beruntung MU, sundulan melebar ke sisi kanan gawang De Gea.

Solkjaer menarik Fernandes di menit ke-86. Daniel James masuk ke lapangan dan langsung memberikan ancaman ke gawan Villa.

Di menit-menit akhir, Aston Villa berusaha menekan MU. Mereka terus mengirmkan umpan-umpan lambung yang merepotkan barisan pertahanan MU.

Aston Villa menciptakan peluang di menit ke-93. Tendangan keras dari luar kotak penaltinya meluncur keras ke gawang MU. Namun De Gea tampil sigap dini hari tadi. MU pun sukses mengamankan 3 poinnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement