Jumat 01 Jan 2021 20:55 WIB

Moyes Pertanyakan Aturan Penundaan Pertandingan Liga

Menurut Moyes, klub bisa mengambil pemain akademi jika jumlah pemain tim utama kurang

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Manajer West Ham David Moyes
Foto: EPA-EFE/Naomi Baker
Manajer West Ham David Moyes

REPUBLIKA.CO.ID, MERSEYSIDE -- Pelatih West Ham United, David Moyes mempertanyakan keputusan otoritas Liga Primer Inggris soal penundaan jadwal pertandingan yang diakibatkan oleh virus corona baru. Sebab, hal itu berbeda dengan situasi yang pernah ia alami bersama timnya pada awal musim 2020/2021.

Moyes dan dua pemain the Hammers seperti Issa Diop dan Josh Cullen sempat positif terinfeksi virus corona pada  September. Akan tetapi, pada momen itu, jadwal pertandingan West Ham tetap berlangsung.

Baca Juga

"Kami memahami dan kami tak meratapi partai apa pun karena itu adalah jadwal pertandingan. Mereka tak menghentikan partai ketika saya dan dua pemain terjangkit Covid-19," kata Moyes menjelaskan dikutip Sky Sports, Jumat (1/1).

Pertanyaan Moyes mengakar dari keputusan yang dibuat otoritas Liga Primer baru-baru ini. Pasalnya, sejauh kompetisi ini berlangsung sudah ada tiga pertandingan dibatalkan lantaran Covid-19 yakni Aston Villa versus Newcastle United, Everton kontra Manchester City, dan Fulham melawan Tottenham Hotspur.

Alhasil, pelatih asal Skotlandia menghadirkan pernyataan apakah aturan pertandingan telah berganti sejak dirinya dinyatakan positif Corona pada awal musim lalu. 

Otoritas Liga Primer menjelaskan ketuk palu apakah suatu pertandingan dapat berjalan atau tidak dinilai berdasarkan kasus per kasus yang memengaruhi jumlah pemain dalam satu tim.

"Izin tidak akan diberikan untuk menunda pertandingan liga di mana klub yang bertanding memiliki 14 atau lebih pemain yang terdaftar di daftar skuatnya," demikian pernyataan Liga Primer.

Moyes mengaku paham aturan itu. Namun setahu dia, ada poin klub bisa mengambil pemain akademi untuk menambah jumlah pemain. Ia mempertanyakan apakah aturan tersebut sudah berubah dari sebelumnya.

Sebagaimana diketahui kasus positif Covid-19 di Inggris mengalami peningkatan sejak September lalu. Dengan situasi tersebut para seniman lapangan hijau di Negeri Ratu Elizabeth pun merasa khawatir.

Saat ini West Ham akan bersiap menghadapi tim asal Merseyside, Everton pada lanjutan pekan ke-17 Liga Primer di Stadion Goodison Park, Sabtu (2/1) dini hari WIB nanti. Tiga angka berharga bagi armada David Moyes jika ingin tetap bertahan di posisi 10 besar Liga Inggris musim ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement