Kamis 31 Dec 2020 21:23 WIB

Inke Maris, Sosok Ahli Komunikasi yang Visioner

Inke Maris membangun Inke Maris & Associates pada 1986.

Rep: Desy Sulistyawati/ Red: Dwi Murdaningsih
Inke Maris
Foto: Dok. Pribadi
Inke Maris

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan penyiar TVRI Maria Dinariati binti Yusuf Natanegara atau lebih dikenal sebagai Inke Maris, tutup usia Kamis (31/12) malam. Inke berpulang jam 19.20 WIB di RS Medistra, Jakarta.

Director/Senior Consultant Inke Maris and Associates Widyaretna Buenastuti mengatakan Inke Maris telah berjuang sejak menjalani perawatan intensif di RS Medistra karena kondisi kritis serangan stroke. "Segala upaya telah dikerahkan untuk memulihkan kesehatan beliau, namun Sang Maha Pencipta telah menentukan lain dan semua milikNYA akan kembali kepadaNYA," ujar Widyaretna, dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (31/12).

Baca Juga

Inke Maris membangun Inke Maris & Associates didirikan pada tahun 1986 sebagai konsultan hubungan masyarakat independen terkemuka. Inke telah membangun suatu fondasi yang kokoh bagi keberlanjutan Inke Maris & Associates selama 34 tahun.

Widyaretna mengatakan Inke Maris and Associates kehilangan sosok pemimpin yang visioner, ahli komunikasi yang selalu membagi ilmu dan seorang ibu yang hangat dan begitu dicintai oleh seluruh keluarga besar. "Semangat Ibu Inke membangun dunia Public Relations di Indonesia akan kami teruskan," ujarnya.

Inke Maris memegang gelar Master di bidang Komunikasi Massa dari Universitas Leicester, London. Dia merupakan salah satu jurnalis senior yang sangat dihormati di Indonesia.

Pada November 2020 lalu, Inke Maris menerima penghargaan dari International Women’s Entrepreneurial Challenge Foundation (The IWEC Foundation) yang berbasis di New York, Amerika Serikat. Ini adalah penghargaan khusus bagi perempuan-perempuan entrepreneur pemilik usaha bisnis di seluruh dunia.

Inke Maris membangun Inke Maris & Associates pada tahun 1986 dan telah memberikan jasa konsultasi komunikasi kepada banyak klien. Fokusnya terutama pada lembaga pemerintahan, seperti Kementerian Kesehatan RI, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Kementerian Pekerjaan Umum RI – Direktorat Jenderal Pekerjaan Umum dan Direktorat Jenderal Cipta Karya.

Inke pernah menjadi staf ahli di Kementerian Koordinator Ekonomi pada tahun 2001. Dia juga pernah menjadi staf ahli di Kementerian Pemberdayaan Perempuan pada tahun 2004.

Inke Maris juga berperan penting di media center untuk pasangan Susilo Bambang Yudhoyono - Jusuf Kalla selama pemilihan presiden tahun 2004. Dia  juga menjadi staf ahli untuk Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia tahun 2000 - 2001.

“Atas nama keluarga besar Inke Maris & Associates, kami menghaturkan terima kasih yang tak terhingga atas perhatian dan doa yang diberikan kepada Ibu Inke tercinta beserta keluarganya termasuk kepada kami di Inke Maris & Associates. Terima kasih atas persahabatan yang telah terjalin erat dengan Inke Maris & Associates. Semoga semangat dan nilai Ibu Inke dapat terus berkobar dan silaturahmi kita semakin erat di masa mendatang,” ucap Widyaretna Buenastuti.

Kantor Inke Maris & Associates akan tetap beroperasi secara normal dan mulai dibuka kembali pada tanggal 4 Januari 2021. Urusan operasional bisnis akan dikelola oleh dewan direksi, Armand Maris dan Widyaretna, di bawah pimpinan Isma Natanegara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement