Wednesday, 16 Jumadil Akhir 1443 / 19 January 2022

Wednesday, 16 Jumadil Akhir 1443 / 19 January 2022

Cina Beri Persetujuan Bersyarat Vaksin COVID-19 Sinopharm

Kamis 31 Dec 2020 13:00 WIB

Rep: deutsche welle/ Red: deutsche welle

Vaksin covid-19 dari Cina mendapat persetujuan

Vaksin covid-19 dari Cina mendapat persetujuan

Cina Setujui penggunaan bersyarat vaksin COVID-19 yang dikembangkan Sinopharm.

Cina telah memberikan persetujuan bersyarat untuk vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi milik negara, Sinopharm.

Vaksin tersebut menjadi vaksin pertama yang disetujui untuk digunakan masyarakat Cina. Chen Shifei, Wakil Komisaris Administrasi Produk Medis Nasional Cina, mengatakan melalui konferensi pers pada hari Kamis (31/12) bahwa keputusan itu telah dibuat pada malam sebelumnya.

Perusahaan mengumumkan pada Rabu (30/12) bahwa data awal dari uji coba tahap terakhir telah menunjukkan tingkat kemanjuran vaksin mencapai 79,3%.

Sinopharm adalah satu dari setidaknya lima perusahaan pengembang vaksin Cina yang berlomba secara global untuk membuat 'obat penawar' untuk penyakit yang telah menewaskan lebih dari 1,8 juta orang.

"Kapasitas produksi merupakan proses yang dinamis dan berkesinambungan," kata Mao Junfeng, Wakil Direktur Departemen Industri Produk Konsumen Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi.

Apa arti persetujuan bersyarat?

Persetujuan bersyarat berarti bahwa penelitian masih berlangsung dan regulator dapat meminta lebih banyak data keamanan dan efektivitas tentang populasi tertentu dengan profil kesehatan yang berbeda, kata Tao Lina, mantan ahli imunologi pemerintah.

Biasanya, izin penggunaan bersyarat itu bermakna bahwa obat atau produk yang dimaksud mungkin dibatasi untuk kelompok umur tertentu, katanya.

Pejabat menolak menyebutkan harga vaksin. "(Harga vaksin) itu pasti masih terjangkau bagi banyak orang," kata Zheng Zhongwei, seorang pejabat Komisi Kesehatan Nasional.

Cina bertujuan untuk memvaksinasi setidaknya 50 juta warga sebelum dimulainya liburan Tahun Baru Imlek pada pertengahan Februari mendatang. Vaksinasi dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit karena ratusan juta orang diperkirakan akan pergi ke kampung halaman untuk menghabiskan hari libur.

ha/pkp (AP, dpa)

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan deutsche welle. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab deutsche welle.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA