Rabu 30 Dec 2020 19:49 WIB

Minum Teh Jahe Sebelum Tidur Bantu Turunkan Berat Badan

Teh jahe mampu membakar kalori dan meningkatkan metabolisme.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Teh jahe (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Teh jahe (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki berat badan ideal menjadi idaman bagi sebagian banyak orang. Alih-alih melakukan diet yang tidak sehat, ternyata ada cara sederhana yang bisa membantu menurunkan berat badan.

Ahli diet terdaftar Lisa Richards mengatakan bahwa mengonsumsi teh jahe hangat bagus untuk meningkatkan kualitas tidur. Tak hanya itu, teh jahe juga bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar kalori dengan mempercepat kerja metabolisme. 

Baca Juga

“Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa jahe berpengaruh dalam mempercepat kemampuan pembakaran kalori dalam tubuh kita,” kata Richards seperti dikutip dari laman She Finds pada Rabu (30/12).

Untuk mencapai berat badan ideal, kualitas tidur memang harus menjadi salah satu prioritas yang diperhatikan. Richards mengatakan bahwa ada korelasi yang besar antara tidur dan kinerja metabolisme. Selama tidur bagian REM, metabolisme bekerja lebih cepat sehingga tubuh mampu membakar lebih banyak kalori.

“Proses ini dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi nutrisi atau senyawa makanan tertentu sebelum tidur. Konsumsi minuman hangat adalah cara yang bagus untuk memasukkan bahan-bahan yang meningkatkan metabolisme ini sebelum tidur sambil juga membantu kita rileks ketika tidur,” kata Richards.

Ketika kita memprioritaskan tidur, tubuh juga akan memiliki lebih banyak energi sehingga kita bisa berolahraga dengan maksimal. Sebuah penelitian yang memantau kinerja atletik pemain basket yang tidur 10 jam setiap malam, mengungkap bahwa peserta menjadi lebih atletis dan mengalami peningkatan energi setelah tidur dengan cukup.

Karena itulah jika di tahun 2021 nanti ingin menerapkan diet sehat yang simpel, kamu tinggal rutin mengonsumsi teh jahe hangat sebelum tidur. Tidak hanya mengandung banyak nutrisi dan antioksidan untuk meredakan peradangan, the jahe juga bisa meningkatkan pencernaan dan metabolisme, serta menyenyakkan tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement