Rabu 30 Dec 2020 17:56 WIB

PAN Dukung Penolakan Hubungan Indonesia-Israel

Menolak hubungan dengan Israel adalah tindakan sesuai dengan amanat konstituen.

Israel melobi, Indonesia membantah.
Foto: AP/Reuters/berbagai sumber
Israel melobi, Indonesia membantah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Langkah pemerintah yang menolak membuka hubungan diplomatik dengan Israel, mendapat dukungan dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno mengatakan Eddy Soeparno mengapresiasi sikap Pemerintah yang tidak akan membuka hubungan diplomatik dengan Israel sampai nanti Palestina merdeka. Pernyataan ini disampaikan Eddy dalam Refleksi Akhir Tahun DPP PAN di Media Center PAN Jalan Daksa Jakarta Selatan, Rabu (30/1)

"PAN mendukung sikap Presiden Jokowi sebagaimana disampaikan kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas untuk tetap membela kemerdekaan Palestina,” kata Eddy , dalam siaran persnya.

Sikap Pemerintah Indonesia yang menolak hubungan dengan Israel, menurutnya, sesuai  sesuai dengan amanat konstitusi

"Di dalam konstitusi jelas dan tegas seperti tertuang dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 dimana Indonesia harus ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,” papar anggota Badan Sosialisasi MPR RI ini.

Lebih lanjut Wakil Ketua Komisi VII DPR RI juga menegaskan sikap PAN sesuai aspirasi konstituen. Basis konstituen PAN ingin membela dan memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

"Indonesia akan tetap berdiri bersama Palestina untuk memperjuangkan kemerdekaan. Hal ini juga yang akan terus diperjuangkan PAN di DPR RI maupun forum forum parlemen dunia,” kata Eddy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement