Wednesday, 19 Muharram 1444 / 17 August 2022

Gerakan-Gerakan Sholat yang Dekatkan Allah SWT dan Muslim

Rabu 30 Dec 2020 16:41 WIB

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nashih Nashrullah

Sholat yang dilakukan khusyuk dekatkan Muslim dengan Allah SWT. ilustrasi sholat

Sholat yang dilakukan khusyuk dekatkan Muslim dengan Allah SWT. ilustrasi sholat

Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Sholat yang dilakukan khusyuk dekatkan Muslim dengan Allah SWT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Allah SWT lebih dekat dengan manusia daripada urat lehernya, untuk itu, pada dasarnya, Allah mudah terhubung dengan manusia.  

Syekh Maulana Muhammad Zakariyya Al Kandahlawi, mengatakan hubungan ini tampak nyata dalam sholat. "Amalan sholat menampakan ketaatan dan kehambaan," kata Syekh Zakariyya dalam kitabnya, Fadilah Haji.  

Baca Juga

Oleh karena itu, kata Syekh Zakarriya, semua perkara dalam sholat merupakan tempat perwujudan hubungan ini. Dengan penuh kewibawaan, ketenangan, dan memakai pakaian yang pantas serta penuh adab menghadap Allah SWT. 

Hubungan itu misalnya, setelah mengambil air wudhu, mula-mula dengan penuh ketenangan mengangkat tangan sampai ke telinga sambil mengikrarkan kehambaan dirinya dan mengagungkan Allah SWT. Kemudian bersedekap, kemudian sambil menundukkan kepala hendaknya dia mengagungkan Allah SWT. 

"Selanjutnya, sambil meletakkan kepala di atas tanah, seorang hamba menunjukkan ketaatan dan kelemahannya, dan lidahnya selalu mengikrarkan kebesaran Allah SWT," katanya. 

Dalam sholat jangan sampai ada perkataan maupun perbuatan yang bertentangan dengan kebesaran Allah SWT atau bertentangan dengan pengakuannya. Semakin banyak ketenangan  dalam mengerjakan perkara-perkara ini, akan semakin dekat dengan Allah SWT.  

"Oleh karena itu, berangkat sholat dengan berlarian dimakruhkan, memasukkan jari jari satu tangan ke dalam jari-jari tangan yang lain ketika duduk menunggu sholat juga makruh, menyembunyikan jari dalam sholat juga makruh," katanya. 

Dan selain itu melirik kesana kemari juga dimakruhkan, memakai pakaian yang tidak sopan juga makruh. Sholat akan batal bila dia bicara dan bila wudhu batal sholatnya juga batal.   

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA