Rabu 30 Dec 2020 03:18 WIB

Barcelona Harus Berbagi Poin dengan Eibar

Barcelona berhasil menyamakan kedudukan 1-1 setelah tertinggal lebih dulu.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Ratna Puspita
Penyerang Barcelona Martin Braithwaite
Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia
Penyerang Barcelona Martin Braithwaite

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Barcelona gagal mengamankan poin penuh saat menjamu Eibar pada laga lanjutan pekan ke-16 La Liga di Camp Nou, Rabu (30/12) dini hari WIB. Blaugrana harus berbagi poin setelah tertinggal lebih dulu ketika laga berakhir dengan skor imbang 1-1. 

Pada babak pertama, Barcelona dengan cepat mendapat peluang emas saat laga baru berjalan lima menit, di mana tuan rumah mendapat hadiah penalti dari pelanggaran yang dilakukan Pedro Bigas di kotak penalti. Namun, Braithwaite yang bertugas mengeksekusi tendangannya dari titik putih gagal menyelesaikan tugasnya. Bola melebar ke sisi kanan gawang. 

Baca Juga

Sementara Eibar memberikan ancaman di menit ke-10 saat Takashi Inui melesatkan bola dengan kaki kanannya dari sebelah kiri kotak 16, namun masih bisa diselamatkan di sisi kiri bawah oleh Ter Stegen. 

Peluang kembali dimiliki Barcelona melalui tandukan Araujo di menit ke-22 saat menerima umpan dari Pjanic. Namun, tandukan yang mengarah ke sudut kanan bawah gawang masih bisa diselamatkan. 

Gagal pada percobaan tersebut, Barcelona akhirnya berhasil mencuri keunggulan di menit ke-25. Braithwaite berhasil membayar kegagalan penaltinya dengan menyarangkan bola di gawang Eibar. Namun, gol itu dianulir oleh VAR karena ia dinilai sudah berada dalam posisi offside sebelum crossing oleh Firpo. 

photo
Para pemain Barcelona Minguexza (kanan) dan Dest (kiri) bersaing memperebutkan bola dengan penyerang Eibar asal Jepang Takashi Inui (kedua dari kanan). - (EPA-EFE/Alejandro Garcia)

Pada menit ke-34 Barcelona kembali memberikan ancaman ke gawang Eibar. Kali ini dilakukan oleh Mingueza dengan tandukannya saat menyelesaikan umpan tendangan sudut oleh Pedri. Namun, bola masih melebar ke sisi kanan gawang. 

Semenit kemudian Eibar melancarkan serangan cepat ke lini pertahanan Barcelona. Percobaan dilakukan oleh Kadzior dengan tembakan kaki kiri dari luar kotak 16. Namun, Ter Stegen dengan mudah mengamankan bola yang mengarah ke bagian tengah atas gawangnya. 

Pada menit ke-41, Garcia mendapat hadiah tendangan bebas di bagian pertahanan Barcelona. Tendangannya mengarah langsung ke gawang namun berhasil diblokir kiper. Babak pertama berakhir tanpa gol yang diciptakan oleh kedua tim. 

Pada babak kedua, Barcelona langsung melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Ousmane Dembele untuk menggantikan Sergino Dest. Dembele langsung melakukan percobaan pertamanya dengan tembakan kaki kiri dari luar kotak 16 tetapi meleset ke sisi kiri gawang. 

Pada menit ke-53, Griezmann kembali mengancam dengan tembakan kaki kiri dari luar kotak 16 saat menerima umpan dari Dembele. Namun, tendangan yang mengarah ke sudut kanan bawah gawang itu masih bisa diselamatkan oleh kiper. 

Tiga menit berselang, Dembele kembali melakukan percobaan, kali ini dengan kaki kirinya dari luar kotak 16. Namun lagi-lagi, penyelamatan berhasil dilakukan oleh kiper. 

photo
Reaksi Pedri setelah Barcelona tertinggal 0-1 dari Eibar - (EPA-EFE/Alejandro Garcia)

Barca justru kebobolan lebih awal pada menit ke-57 saat Garcia mendapat ruang tembak dari luar kotak 16. Ter Stegen gagal mengamankan bola yang mengarah ke tengah gawang itu. Eibar pun unggul 1-0. 

Namun, Barca berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-67 melalui gol Dembele dengan kaki kanan dari sebalah kanan kotak 16 ke sudut kiri bawah saat menerima umpan dari Firpo. Skor sementara 1-1 untuk kedua tim. 

Pada menit ke-78, Barcelona hampir mencuri keunggulan saat Lenglet menyambut umpan Dembele di tengah kotak 16 dengan tandukan. Namun, bola masih terlalu tinggi dari sasaran. 

Barcelona terus menggempur lini pertahanan Eibar di menit-menit akhir pertandingan, dengan percobaan dari orang-orang seperti Braithwaite, Coutinho, Pedri masih belum membuahkan hasil. Sementara umpan terobosan dari De Jong kepada Firpo gagal karena offside

Starting XI kedua tim: 

Barcelona: ter Stegen; Mingueza, Araujo, Lenglet; Dest, Pjanic, de Jong, Firpo; Griezmann, Pedri; Braithwaite 

Eibar: M. Dmitrovic; Rafa, P. Bigas, E. Burgos, A. Pozo; S. Alvarez, P. Diop; T. Inui, E. Exposito, D. Kadzior; Kike 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement