Selasa 29 Dec 2020 14:56 WIB

Bupati Gresik Terpapar Covid-19

Kondisi bupati baik dan menjalani isolasi di salah satu rumah sakit di Surabaya.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Ratna Puspita
Ilustrasi Covid-19
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kepala Dinas Kesehatan Gresik Syaifudin Ghozali mengatakan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto terpapar Covid-19. Ghozali mengatakan, Sambari terdeteksi terpapar Covid-19 setelah yang bersangkutan meminta dilakukan tes Swab PCR pada Senin (28/12).

Permintaan tersebut dilayangkan Sambari setelah yang bersangkutan merasa tidak bugar atau fit. "Beliau meminta swab karena merasa badannya tidak fit sehingga kami dari dinas kesehatan (Gresik) segera melakukan pemeriksaan dan ternyata hasilnya positif," kata Ghozali melalui siaran tertulisnya, Selasa (29/12).

Baca Juga

Ghozali mengatakan kondisi terkini Sambari sudah membaik. “Seiring dilakukannya isolasi kepada Bupati Sambari sejak Senin petang kemarin di salah satu rumah sakit di Surabaya, saat ini keadaan bupati dalam keadaan baik, dan katanya sudah kembali bugar,” ujar Ghozali.

Setelah dinyatakan positif Covid-19, kata Ghozali, Dinas Kesehatan Gresik segera mengambil langkah dengan melakukan penelusuran atau tracing. Penelusuran dilakukan dengan melakukan pemeriksaan swab kepada beberapa orang terdekat dan yang pernah kontak erat langsung dengan Sambari.

“Sudah ada sekitar 20 orang yang di-tracing pasca-terpaparnya Bupati Sambari. Mereka adalah para keluarga serta beberapa orang dekat yaitu ajudan dan sekretaris pribadi dan beberapa orang lainnya. Beberapa hasilnya sudah keluar dan hasilnya semuanya negatif,” ujar Ghozali.

Ia mengatakan, dinas kesehatan juga akan melakukan pemeriksaan swab lanjutan terhadap sekitar 50-an orang yang pernah kontak erat dengan Sambari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement