Selasa 29 Dec 2020 13:02 WIB

Jenderal Soleimani Beri Uang Tunai 22 Juta Dolar ke Hamas

Uang itu disebut diberikan saat Hamas mengunjungi Teheran Iran pada 2006 lalu.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Teguh Firmansyah
Komandan Pasukan Quds Mayor Jenderal Qasem Soleimani.
Foto: EPA
Komandan Pasukan Quds Mayor Jenderal Qasem Soleimani.

REPUBLIKA.CO.ID, RAMALLAH -- Mantan pemimpin senior Hamas yang juga pernah menjabat sebagai menteri luar negeri Hamas, Mahmoud al-Zahar, mengungkapkan soal adanya dana yang diterima kelompok Hamas dari Komandan Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Jenderal Qassem Soleimani.

Ahli strategi veteran Hamas itu mengungkapkan, uang tunai yang diberikan Soleimani sebesar 22 juta dolar. Uang itu diberikan saat Hamas mengunjungi Teheran Iran pada 2006 lalu.

Baca Juga

Dalam sebuah wawancara dengan jaringan televisi berbahasa Arab Iran al-Alam pada Ahad lalu, al-Zahar mengatakan bahwa dia menguraikan beberapa masalah keuangan yang dihadapi kelompok Palestina dalam pertemuan dengan Soleimani. Besoknya delegasi itu membawa uang 22 juta dolar saat hendak meninggalkan Teheran.

"Keesokan harinya, saya menemukan 22 juta dolar dalam tas di bandara saat delegasi akan meninggalkan Teheran. Kami telah menyetujui jumlah yang lebih tinggi, tetapi kami hanya sembilan orang, dan kami tidak dapat membawa uang tunai lagi karena jatah bagasi," ujarnya seperti dilansir dari Al Arabiya, Selasa (29/12).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement