Senin 28 Dec 2020 11:17 WIB

Guardiola Ungkap City Sangat Membutuhkan Aguero

Aguero belum juga pulih dari cedera yang dialaminya.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Penyerang Manchester City Sergio Aguero.
Foto: DOK REPUBLIKA
Penyerang Manchester City Sergio Aguero.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, mengakui, timnya sudah merindukan dan membutuhkan ketajaman striker asal Argentina, Sergio Aguero. Kendati begitu, Guardiola tidak mau mengulangi kesalahannya dan gegabah dalam memberikan kesempatan mantan striker Atletico Madrid itu untuk segera merumput.

Pada musim ini, pencetak gol terbanyak dalam sejarah City itu sepertinya masih merasakan dampak akibat cedera lutut, yang dialaminya pada akhir musim lalu. Setelah sempat pulih dari cedera lutut, Aguero kembali tampil pada pertengahan Oktober silam. 

Namun, baru merumput di dua laga di semua ajang, Aguero kembali mengalami cedera, tepatnya saat City menghadapi West Ham. Kali ini, striker berusia 32 tahun itu mengalami cedera hamstring. Ujungnya, Aguero harus menepi selama lebih dari satu bulan. Kini, Aguero sudah kembali ke skuat The Citizen pada awal bulan ini.

Bahkan, Aguero sudah diturunkan sebagai pemain pengganti di laga kontra Newcastle United, Ahad (27/12) dini hari WIB. Guardiola pun mengaku cukup terkesan dengan performa Aguero di laga itu, kendati striker timnas Argentina itu hanya tampil selama kurang lebih 13 menit di laga tersebut. Pelatih asal Spanyol itu mengungkapkan, timnya masih membutuhkan dan kemampuan mencetak gol Aguero.

''Kami sempat berdiskusi untuk bisa menurunkannya sebagai starter di laga itu (kontra Newcastle). Saat melihatnya kembali tampil, dia sudah terlihat tajam dan dinamis. Ini menjadi kabar baik buat kami. Kami membutuhkan kehadiran Aguero di tim ini,'' ujar Guardiola seperti dilansir Sky Sports, Senin (28/12).

Aguero disebut-sebut bisa kembali menjadi starter saat City melawat ke markas Everton di Stadion Goodison Park, Selasa (29/12) dini hari WIB. Kendati begitu, Guardiola tidak mau mengulangi kesalahannya seperti pada Oktober silam. Mantan pelatih Barcelona itu berjanji bakal lebih berhati-hati dalam memberikan kesempatan Aguero untuk tampil. 

Guardiola tidak mau mengambil risiko terkait potensi cedera yang kembali dialami Aguero pada musim ini. ''Kami harus lebih berhati-hati dan tidak mengulangi kesalahan seperti yang kami lalukan beberapa bulan lalu, saat dia kembali cedera usai tampil di sejumlah laga. Saya masih mempertimbangkan untuk memberikannya menit bermain, tapi perkembangan kondisi kebugarannya cukup pesat,'' ujar Guardiola.

Dengan penilaian Guardiola tersebut, Aguero kemungkinan besar bakal diturunkan sebagai pemain pengganti di laga kontra Everton. Sejauh ini, lanjut Guardiola, Ferran Torres dinilai cukup mumpuni untuk tampil sebagai striker. Pemain asal Spanyol itu sempat dipercaya sebagai striker menyusul cedera yang dialami Aguero dan absennya Gabriel Jesus akibat positif Covid-19.

''Posisi striker bukanlah posisi yang nyaman buat Ferran. Hal itu sesuatu yang normal, karena dia adalah pemain sayap. Namun, Ferran telah melakukan tugas yang diberikannya dengan cukup baik. Dia banyak membantu skema serangan dengan pergerakannya,'' ujar eks pelatih Bayern Muenchen tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement