Ahad 27 Dec 2020 16:39 WIB

Eropa Luncurkan Vaksinasi Covid-19 untuk Akhiri Pandemi

Beberapa negara memulai vaksinasi massal dimulai dengan kalangan kesehatan.

Eropa Luncurkan Vaksinasi Covid-19 untuk Akhiri Pandemi. Penyuntikan Vaksin (ilustrasi)
Foto: AP
Eropa Luncurkan Vaksinasi Covid-19 untuk Akhiri Pandemi. Penyuntikan Vaksin (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,LONDON -- Eropa, Minggu, meluncurkan program vaksinasi lintas batas dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya, sebagai bagian dari upaya mengakhiri pandemi COVID-19 yang telah melumpuhkan ekonomi dan merenggut lebih dari 1,7 juta jiwa di seluruh dunia.

Wilayah yang berpenduduk 450 juta orang itu telah menjalinkontrak dengan berbagai pemasokuntuk penyediaan lebih dari dua miliar dosis vaksin serta telah menetapkan target bahwa semua orang dewasa divaksinasi selama 2021.

Meski Eropa memiliki beberapa sistem perawatan kesehatan dengan sumber daya terbaik di dunia, skala program yang besar membuat beberapanegara harus meminta para pensiunan petugas medis untuk membantu.

Sementara itu, beberapa negara lainnyatelah melonggarkan aturan terkait siapa yang diizinkan untuk memberikan suntikan vaksin.

Dengan survei yang menunjukkan tingginya keraguan terhadap vaksin di berbagai negara --dari Prancis hingga Polandia, para pemimpin 27 negara Uni Eropa mempromosikan vaksinasi sebagai kesempatan terbaik untuk kembali ke kehidupan normal tahun depan.

"Kita mulai membalik halaman pada tahun yang sulit," Ursula von der Leyen, presiden Komisi Eropa yang berbasis di Brussel yang mengoordinasikan program tersebut, mengatakan dalam cuitan di Twitter.

"Vaksinasi adalah jalan keluar terakhir dari pandemi."

Setelah pemerintah Eropa dikritik karena gagal bekerja sama untuk melawan penyebaran virus pada awal 2020, kali ini tujuannya adalah untuk memastikan bahwa seluruh wilayah mendapat pasokan vaksin.

Namun demikian, Hongaria pada Sabtu (26/12) telah mengambil langkah terlebih dahulu dengan mulai memberikan suntikan vaksin yang dikembangkan oleh Pfizer dan BioNTech pada pekerja garis depan di rumah sakit di Ibu Kota Budapest.

Beberapa negara termasuk, Prancis, Jerman, Italia, Austria, Portugal, dan Spanyol berencana memulai vaksinasi massal pada Minggu, dimulai dengan kalangan petugas kesehatan.

 

sumber : ANTARA/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement