Jumat 25 Dec 2020 16:42 WIB

40 Tahun Bermusik, Fariz RM Rilis Vinyl Edisi Khusus

Vinyl edisi 40 tahun berkarya Fariz RM hanya tersedia sebanyak 500 keping.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Foto: Musisi Fariz RM
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Foto: Musisi Fariz RM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musisi Fariz RM mempersembahkan album piringan hitam atau vinyl khusus yang memperingati 40 tahun kiprahnya di dunia musik. Album bertajuk 'Sakura' tersebut memuat sembilan tembang hit sepanjang karier Fariz.

Pada side pertama, ada lagu "Sakura", "Selangkah ke Seberang", "(Belenggu) Perjalanan", "Semusim", dan "Nada Cinta". Berlanjut dengan "Mega Bhuana", "Suasana (Yang Ada)", "Cermin Noda", dan "Malam Kesembilan" pada side dua.

Baca Juga

Saat dirilis dalam format fisik pada 1980, album 'Sakura' mendapat sambutan luar biasa. Bahkan, lagu andalan berjudul sama, "Sakura", dinobatkan sebagai salah satu dari "150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa" oleh majalah Rolling Stone.

Edisi khusus 40 tahun album vinyl 'Sakura' telah tersedia di situs jual beli e-commerce mulai 11 Desember 2020. Lagu-lagunya juga bisa disimak lewat kanal musik digital. Menurut Fariz, perilisan vinyl tersebut merupakan momen penting.

"Perilisan ulang vinyl adalah pujian yang luar biasa. Ini adalah periode baru dalam karier saya. Saya merasa seperti dilahirkan kembali," ungkap Fariz pada sesi bincang media secara virtual, belum lama ini.

Pria 61 tahun itu menyadari bahwa kini industri musik sudah memasuki era digital. Menikmati musik menjadi sangat mudah melalui berbagai aplikasi streaming pada gawai. Akan tetapi, dia berpendapat produk fisik tetap menjadi krusial.

Hal itu dibuktikan Fariz ketika menerbitkan vinyl secara global beberapa waktu silam melalui publisher yang mengelola hak cipta karya-karyanya. Sambutan antusias datang dari penikmat musiknya di berbagai negara.

Penulis buku Rekayasa Fiksi terbitan Penerbit Republika itu ingin memberikan yang terbaik bagi pencinta musik. Karena itu, perilisan vinyl terbarunya yang kini bekerja sama dengan Musica Studio's dirancang seapik mungkin sebagai benda koleksi.

"Ekspektasi saya tidak neko-neko. Dalam berkarya cuma ingin karya saya didengar banyak orang, bisa menginspirasi. Menuai pahala itu lebih baik, membahagiakan orang lain lebih bermanfaat," kata Fariz.

Vinyl album 'Sakura' edisi 40 tahun Fariz RM hanya tersedia sebanyak 500 keping pada periode pertama peluncurannya. Sejak penjualan vinyl mulai dibuka, edisi tersebut telah terjual sebanyak 300 keping per Rabu (23/12).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement