Kamis 24 Dec 2020 03:15 WIB

Kontroversi JK Rowling Masuk Nominasi Penghargaan BBC

Kontroversi Penulis Harry Potter JK Rowling yang Masuk Nominasi Penghargaan BBC

Rep: deutsche welle/ Red: deutsche welle
picture-alliance/AP/J. C. Ryan
picture-alliance/AP/J. C. Ryan

Penghargaan tahunan BBC, Russell Prize, yang diambil dari nama penulis Inggris Bertrand Russell, menarik perhatian publik tahun ini karena daftar nominasinya yang menyertakan penulis J.K. Rowling.

Penulis di balik serial Harry Potter itu membuat heboh publik ketika esainya tentang seks dan gender pertama kali dirilis pada bulan Juni lalu. Esai tersebut membuat pernyataan kontroversial tentang hak transgender dan klasifikasi transpuan sebagai perempuan.

Pada September lalu, Rowling mengunggah esai sebanyak 3.800 kata. Dalam esai tersebut, Rowling membuka pengalamannya tentang kekerasan dalam rumah tangga dan pelecehan seksual. Dia juga mengatakan kebangkitan aktivisme trans bisa menghapus konsep seks yang mendefinisikan kehidupan banyak perempuan.

Rowling menerbitkan esai panjang di situs pribadinya yang mengungkapkan sejumlah klaim yang tidak akurat tentang komunitas transgender karena dia "mengkhawatirkan aktivisme trans baru."

Kekhawatirannya bermuara pada rasa aman perempuan cisgender di kamar mandi. Namun, tidak ada bukti transgender yang menggunakan toilet sesuai dengan identitas gender mereka membahayakan orang lain.

Studi sebaliknya menunjukkan, transgender sering melaporkan mengalami pelecehan, penyerangan dan penolakan akses ketika mencoba menggunakan toilet umum.

Rowling belum mengomentari namanya yang masuk nominasi untuk Russell Prize.

Beberapa orang di media sosial mengecam BBC atas nominasi tersebut. David Levesley, editor majalah GQ, mengatakan BBC memuji tulisan Rowling yang "sepenuhnya salah informasi" dan secara faktual salah untuk membenarkan transphobia.

Apa yang dikatakan BBC?

BBC meresmikan Russell Prize pada 2017. Penghargaan tersebut "merayakan jurnalisme dan tulisan yang menghormati nilai intelektual dan moral yang dicontohkan oleh prosa Russell."

 

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan deutsche welle. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab deutsche welle.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement