Rabu 23 Dec 2020 08:13 WIB

Voxpol Jelaskan Kesuksesan Prediksi Hasil Pilkada Serentak

Kesuksesan Voxpol dikarenakan penerapan manajemen survei lapangan yang akurat

Executive Director of Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago.
Foto: Dok. Pribadi
Executive Director of Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga riset Voxpol Center Research and Consulting mencatat akurasi survei elektabilitas maupun quick count dengan realibilitas paling tinggi dalam Pilkada serentak 2020. Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago menjelaskan kesuksesan survei yang dilakukan lembaganya di Pilkada serentak 2020 adalah karena penerapan metode yang berbasis teknologi. 

"Hasil quick count kami Voxpol Center terbukti paling akurat dalam memprediksi pilkada serentak tahun 2020, sangat mendekati pepet hasil real count KPUD," kata Pangi lewat keterangan persnya, Rabu (23/12).

Selain itu survei elektabilitas Voxpol juga terbukti saat pengumuman hasil Pilkada. Sebagai contoh hasil Quick Count Voxpol Center pada pilkada kota Solo. Hasil Quick Count Voxpol Center Pasangan Gibran Rakabuming-Teguh Prakoso yang diusung partai PDIP, Gerindra, Golkar, Nasdem, PAN, PPP, PKB, PSI dan Perindo dengan perolehan sebesar 86,7 persen, sementara hasil Real Count KPUD  Kota Solo dengan presentase sebesar 86,5 persen. Selanjutnya hasil Quick Count Voxpol Center pasangan calon walikota/wakil walikota Bagyo Wahyono-FX Supardjo via jalur independen dengan perolehan presentase sebesar 13,3 persen. Sementara hasil Real Count situng KPUD Kota Solo sebesar 13,5 persen.

Selain kesuksesan memprediksi elektabilitas, quick count Voxpol Center juga mencatatkan hasil yang tercepat. Pangi menjelaskan metode yang digunakannya sehingga cepat dan realibel dalam pelaksaan quick count.

 

"Proses mendata hasil penghitungan dari sebagian TPS yang dipilih secara acak menyebar di semua wilayah pilkada dengan mengunakan metode phone,android-aplikasi web. Menggapa lebih cepat hasil QC Voxpol? karena proses penyelenggaraan QC berbasis IT, pengiriman data QC Voxpol dilakukan secara online dengan mengunakan aplikasi android TallyVoters-Black," ujar Pangi. 

Dia juga menjelaskan faktor utama keberhasilan Quick Count Voxpol Center adalah manajemen lapangan, sistem IT yang mumpuni dan monitoring pengiriman data. Hasil monitoring akan dikomunikasikan  dengan petugas call center untuk menghunting petugas petugas yang terlambat mengirimkan data.

Selain di Solo, hasil Quick Count Voxpol Center pada pilkada kota Medan tahun 2020 terbukti paling akurat di Kota Medan dan Sumatera Barat. Hasil Quick Count Center Pasangan calon walikota/wakil walikota Akhyar Nasution-Salman Alfarisi sebesar 46,7 persen, sementara hasil Real Count KPUD  Kota Medan dengan presentase sebesar 46,5 persen. Selanjutnya hasil Quick Count Voxpol Center pasangan Bobby Nasution-Aulia Rahman yang diusung PDIP, Gerindra, Golkar, Nasdem, PAN, PPP, PSI dan Hanura dengan perolehan presentase sebesar 53,3 persen. Sementara hasil Real Count situng KPUD Kota Medan sebesar 53,5 persen.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement