Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

Menkes Bukan Dokter, Dradjad: Itu Hal Biasa

Rabu 23 Dec 2020 05:42 WIB

Red: Joko Sadewo

Budi Gunadi Sadikin

Budi Gunadi Sadikin

Foto: Republika
Di banyak negara, menteri tidak harus punya latar belakang pendidikan yang sama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ekonom Indef Dradjad Wibowo mengatakan di banyak negara, seorang menteri kesehatan tak harus berlatar pendidikan kesehatan. Hal ini disampaikan Dradjad menanggapi banyaknya pertanyaan terkait pengangkatan Budi Sadikin sebagai Menkes, padahal dia bukan dokter tapi lulusan  ITB.

"Di banyak negara, sudah biasa jika Menteri memegang portfolio yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Karena itu saya tidak mempermasalahkan Insinyur menjadi Menkes,” kata Dradjad kepada republika.co.id, Selasa (22/12).

Budi Sadikin, menurut Dradjad, adalah pekerja profesional yang seorang “doer”. Maksudnya, seorang yang jika ditugaskan sesuatu, maka tugas itu akan dia bereskan sampai berhasil.

"Kinerjanya sebagai bankir sangat bagus. Dia punya akses luar biasa ke sumber pembiayaan korporasi,” ungkap Dradjad.

Dijelaskannya, vaksinasi dan upaya mengatasi pandemi adalah salah satu tantangan terberat kita di 2021. Vaksinasi perlu biaya besar. "Selain itu, BPJS Kesehatan masih terancam defisit. Jadi saya melihat memang salah satu tugas dia adalah membereskan pembiayaan kesehatan, sehingga masalah-masalah di atas teratasi,” kata Dradjad yang juga politikus senior PAN.

Karena itu, lanjut Dradjad, silakan Budi Sadikin merancang kebijakan terbaik bidang kesehatan. "Kita yang di luar pemerintahan akan menjadi mitra yang kritis mengoreksi hal-hal yang perlu diperbaiki,” kata Ketua Dewan Pakar PAN tersebut.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA