Selasa 22 Dec 2020 17:18 WIB

Inikah Sebab 8 Orang Alami Alergi Vaksin Pfizer?

Vaksin pfizer mengandung senyawa PEG yang mungkin memicu anafilaksis.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
 Seorang perawat senior menangani botol berisi lima dosis 0,3ml vaksin Pfizer-BioNTech COVID-19 di Shaare Zedek Medical Center di Yerusalem, Israel, 20 Desember 2020.
Foto: EPA-EFE/ABIR SULTAN
Seorang perawat senior menangani botol berisi lima dosis 0,3ml vaksin Pfizer-BioNTech COVID-19 di Shaare Zedek Medical Center di Yerusalem, Israel, 20 Desember 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Reaksi mirip alergi yang parah dialami delapan orang yang menerima vaksin COVID-19 produksi Pfizer dan BioNTech. Ilmuwan mengungkap reaksi alergi yang dialami selama 2 minggu terakhir mungkin disebabkan oleh senyawa dalam kemasan messenger RNA (mRNA) yang membentuk bahan utama vaksin.

Vaksin mRNA serupa yang dikembangkan oleh Moderna, yang disahkan untuk penggunaan darurat di Amerika Serikat pada hari Jumat, juga mengandung senyawa, polietilen glikol (PEG). PEG belum pernah digunakan sebelumnya dalam vaksin yang disetujui.

Baca Juga

Zat ini ditemukan di banyak obat yang kadang-kadang memicu anafilaksis. Anafilaksis adalah reaksi alergi yang berpotensi mengancam nyawa yang dapat menyebabkan ruam, penurunan tekanan darah, sesak napas, dan detak jantung yang cepat.

Beberapa ahli alergi dan imunologi percaya sejumlah kecil orang yang sebelumnya terpapar PEG mungkin memiliki tingkat antibodi yang tinggi terhadap PEG. Ini menempatkan mereka pada risiko reaksi anafilaksis terhadap vaksin, dilansir di Science Mag, Selasa (22/12).

Yang lain skeptis dengan kaitan antara hal ini. Namun, Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular AS (NIAID) mengadakan beberapa pertemuan minggu lalu untuk membahas reaksi alergi dengan perwakilan Pfizer dan Moderna, ilmuwan dan dokter independen, dan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA).

NIAID juga menyiapkan studi bekerja sama dengan FDA untuk menganalisis respons terhadap vaksin pada orang yang memiliki tingkat antibodi anti-PEG yang tinggi atau pernah mengalami respons alergi parah terhadap obat atau vaksin sebelumnya. “Sampai kami tahu benar-benar ada cerita PEG, kami harus sangat berhati-hati dalam membicarakannya sebagai kesepakatan yang sudah selesai,” kata Alkis Togias, kepala cabang alergi, asma dan biologi saluran napas di NIAID.

Pfizer mengatakan  bahwa perusahaan secara aktif mencari tindak lanjut mengenai hal ini. Pfizer sudah merekomendasikan bahwa perawatan medis yang tepat dan pengawasan harus selalu tersedia jika seorang yang divaksinasi mengembangkan anafilaksis.

Reaksi anafilaksis dapat terjadi dengan vaksin apa pun, tetapi biasanya sangat jarang, sekitar satu per 1 juta dosis. Pada 19 Desember, Amerika Serikat telah melihat enam kasus anafilaksis di antara 272.001 orang yang menerima vaksin COVID-19, menurut presentasi terbaru oleh Thomas Clark dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS. Inggris Raya telah mencatat dua kasus anafilaksis.

"Karena vaksin Pfizer dan Moderna mRNA menggunakan platform baru, reaksinya memerlukan pengawasan yang cermat. Ini baru," kata Elizabeth Phillips, peneliti hipersensitivitas obat di Vanderbilt University Medical Center yang menghadiri pertemuan NIAID pada 16 Desember.

Laporan berita tentang reaksi alergi telah menimbulkan kecemasan. Pasien dengan alergi parah di AS semakin gelisah tentang kemungkinan mereka tidak bisa mendapatkan vaksinasi, setidaknya dengan dua vaksin tersebut.

“Alergi secara umum sangat umum pada populasi sehingga dapat menciptakan resistensi terhadap vaksin dalam populasi,” ujar Janos Szebeni, ahli imunologi di Semmelweis University di Budapest, Hongaria.

Dia telah lama mempelajari reaksi hipersensitivitas terhadap PEG dan yang juga menghadiri pertemuan 16 Desember.

Ilmuwan yang percaya PEG mungkin menjadi penyebab menekankan bahwa vaksinasi harus dilanjutkan. "Beberapa minggu ke depan di AS akan menjadi sangat penting untuk menentukan apa yang harus dilakukan selanjutnya," kata Phillips.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement