Selasa 22 Dec 2020 17:17 WIB

Empat Cara Berbakti pada Orang Tua yang Telah Wafat

Nabi Muhammad mengajarkan cara berbakti pada orang tua yang sudah wafat.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Cara Berbakti pada Orang Tua yang Telah Wafat.
Foto: ANTARA/FIKRI YUSUF
Cara Berbakti pada Orang Tua yang Telah Wafat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi orang tua yang telah meninggal, kita bisa berbakti dengan melakukan anjuran Nabi Muhammad SAW seperti yang disebut dalam hadits riwayat Abu Daud. Dalam hadits tersebut seorang pemuda Anshar bertanya tentang cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal.

Nabi lalu bersabda yang artinya:

Baca Juga

"Ada empat hal yang bisa kamu lakukan, mendoakan keduanya agar memperoleh rahmat, memohon ampunan untuk keduanya, menunaikan haji untuk keduanya, memuliakan tamu keduanya, serta menyambung tali silaturahim kepada orang yang belum pernah bersilaturahim denganmu kecuali melalui keduanya. Itulah kesempatan bagimu yang bisa kamu lakukan untuk berbakti kepada keduanya setelah keduanya meninggal." 

Sementara doa yang bisa dibaca untuk orang tua bisa kita ambil dari banyak ayat dalam Alquran:

 

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

Latin: "Rabbanaghfirlanaa wa li ikhwanina alladzina sabaqunaa bil iiman, wa laa taj'al fii quluubina gillallilladziina aamanuu rabbana innaka rouufurrohiim,"

“Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang” (QS. Al Hasyr: 10).

Atau juga sepeeti firman Allah dalam surat Al-Isra ayat 24:

رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا 

Latin: "Rabbirhamhuma kama rabbayani shaghira,"

"Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement