Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Asuransi Syariah Komitmen Dongkrak Ekonomi Syariah Indonesia

Selasa 22 Dec 2020 00:41 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Gita Amanda

Ekonomi syariah (ilustrasi)

Ekonomi syariah (ilustrasi)

Foto: Islamitijara.com
Perkembangan Asuransi Syariah di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang positif

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anugerah Syariah Republika memberikan sejumlah penghargaan bagi unit Asuransi Syariah terbaik di tahun 2020 ini. Sebagai salah satu komponen ekonomi syariah, sejumlah asuransi syariah berkomitmen untuk terus berinovasi agar bisa menjadi salah satu pendorong majunya ekonomi syariah di Indonesia.

Peraih predikat Asuransi Syariah terbaik 2020 ini jatuh pada Asuransi Jiwa Syariah Al Amin. Sekertaris Perusahaan Asuransi Jiwa Syariah Al Amin, Abdul Gofur, mengatakan penghargaan ini sebagai pemicu untuk kedepannya perusahaan bisa lebih baik lagi. Ia mengatakan, perusahaan berkomitmen untuk menjadi salah satu penggerak ekonomi syariah nasional.

"Dengan predikat ini menjadi cambuk pemicu untuk kami usaha asuransi syariah menjadi penggerak ekonomi syariah nasional," ujar Abdul Gofur, Senin (21/12).

Perkembangan Asuransi Syariah di Indonesia sendiri terus mengalami pertumbuhan yang positif. Salah satu penerima penghargaan kategori, Asuransi Syariah Unit Syariah Terbaik, BNI Life Insurance mencatat laba bisnis syariah pada kuartal III tahun ini saja mengalami peningkatan 3,16 persen dari periode yang sama tahun lalu

Direktur Bisnis BNI Life, Neny Asriany menjelaskan pencalaian bisnis asuransi syariah BNI sendiri selaras dengan pencapaian kinerja perusahaan pada kuartal III tahun ini yang naik 32,8 persen. Hal ini menjadi pertanda, kedepan bisnis ekonomi syariah kedepan akan semakin tumbuh positif.

"Laba bisnis syariah kami naik menjadi Rp 14,63 Miliar atau naik 3,16 persen year on year. Kami komit untuk jalankan bisnis sehat untuk memberikan layanan optimal kepada semua nasabah," ujar Neny.

Kemajuan ekonomi syariah di Indonesia tidak lepas dari akselerasi inovasi yang dilakukan oleh para penggerak ekonomi syariah. Salah satu penerima penghargaan Asuransi Syariah Terinovatif, Prudential Syariah menilai inovasi perlu terus dilakukan agar ekonomi syariah Indonesia bisa bersaing di kancah global.

Direktur Shariah Goverment Relation dan Community Investmen Prudential Indonesia, Nini Sumuhandoyo, menjelaskan inovasi berbagai produk syariah dan layanan syariah harus terus dilakukan agar bisa memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah. Kedepan, Prudential Syariah juga terus berkomitmen untuk terus melakukan transfomasi inovasi agar bisa lebih baik. Ada tiga hal yang menjadi kunci transformasi ini.

"Kami beeusaha berinovasi berbagai produk dan layanan. Transformasi digital dan pemberdayaan komunitas agar semua dapat berdaya. Ada tiga strategi penting, Pertama, inovasi produk dan layanan. Kedua, digitalisasi dan ketiga kolaborasi. Semoga kita bisa berkontribusi lebih besar lagi bagi ekonomi syariah Indonesia," ujar Nini.

Selain Asuransi, Republika juga memberikan penghargaan bagi para pelaku Financial Technology (Fintech) Syariah. Fintech sendiri merupakan salah satu motor penggerak ekonomi syariah.

Ammana Fintech Syariah mendapatkan penghargaan sebagai Fintech Syariah terbaik pada tahun ini. CEO Ammana Fintech Syariah, Luthfi Adhiansyah, menilai kedepan Indonesia harus bisa menjadi pusat halal dunia. Hal ini menjadi visi bersama yang bisa diwujudkan dengan sinergi dan kolaborasi semua lini bisnis ekonomk syariah.

"Saya terima kasih sama Republika atas penghargaan dan penghormatan. Ini menjadi motivasi bagi kami, fintech bisa turut membawa indonesia menjadi pusat halal dunia. Kami terus berkomitmen untuk terus bergerak demi ekonomi syariah indonesia lebih baik," ujar Luthfi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA