Ahad 20 Dec 2020 17:26 WIB

Spotify Berencana Masuk Pasar Musik Korea Selatan pada 2021

Rencananya, Spotify akan meluncurkan layanannya pada paruh pertama 2021

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Christiyaningsih
Layanan streaming musik Spotify.
Foto: EPA
Layanan streaming musik Spotify.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Raksasa streaming global Spotify mengumumkan rencana meluncurkan layanan streaming musik di Korea Selatan, Jumat lalu. Korea Selatan merupakan rumah bagi industri K-Pop yang sedang booming.

Rencananya, Spotify meluncurkan layanannya pada paruh pertama 2021. Menurut perusahaan asal Swedia itu, peluncuran tersebut tentu memberi pendengar Korea akses ke sekitar 60 juta lagu dan lebih dari empat miliar daftar putar.

Baca Juga

Langkah ini diharapkan dapat membantu artis Korea dari berbagai genre musik untuk menjangkau penggemar lebih luas, baik di dalam maupun luar negeri. “Kami sangat gembira dengan peluncuran mendatang di Korea Selatan, pasar yang diakui sebagai pusat inovasi musik, budaya, dan teknologi," kata kepala pejabat bisnis Freemium Spotify, Alex Norstrom dilansir Yonhap News, beberapa waktu lalu.

Dengan kerja sama itu, dia berharap bisa menjalin kemitraan dengan industri musik lokal untuk memperkenalkan lebih banyak artis Korea serta menghubungkan mereka pada penggemar di Korea Selatan dan di seluruh dunia. Spotify memiliki playlist K-Pop sejak 2014.

 

Tercatat bahwa porsi mendengarkan K-Pop telah melonjak lebih dari 2.000 persen selama enam tahun terakhir, dengan total waktu streaming mencapai 180 miliar menit. Sejak diluncurkan pada 2008, Spotify menyediakan layanan streaming musik ke sekitar 320 juta pendengar di 92 pasar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement