Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

Tes Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta Bisa Pre-Order

Ahad 20 Dec 2020 08:45 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Christiyaningsih

Petugas medis dari Dokkes Polres Metro Bandara Soetta dan Artha Graha Peduli mengambil sampel darah calon penumpang pesawat  saat tes diagnostik cepat (rapid test) COVID-19 di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Petugas medis dari Dokkes Polres Metro Bandara Soetta dan Artha Graha Peduli mengambil sampel darah calon penumpang pesawat saat tes diagnostik cepat (rapid test) COVID-19 di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Penumpang yang ingin pre-order tes Covid-19 dapat dilakukan di aplikasi Travelation

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) menyediakan alternatif bagi penumpang pesawat yang ingin melakukan tes Covid-19 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebelum melakukan perjalanan mulai besok (21/12). Salah satunya dengan memberikan layanan pre-order (PO).

“Calon penumpang pesawat dapat melakukan pemesanan terlebih dahulu atau PO untuk memilih jadwal tes di Airport Health Center Terminal 2 atau Terminal 3,” kata Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (20/12).

Baca Juga

Bagi penumpang yang ingin melakukan PO jadwal tes Covid-19 dapat dilakukan di aplikasi Travelation yang dapat diakses melalui travelation.angkasapura2.co.id. Awaluddin memastikan aplikasi tersebut juga terkoneksi dengan Indonesia Airports (INAirport).

Selain itu, AP II juga menyediakan alternatif lain yakni PCR test dan rapid test antigen di dalam kendaraan secara drive thru di tiga lokasi. Lokasi tersebut yaitu di lapangan parkir area Terminal 3 domestik, area parkir Terminal 1B, dan area parkir Terminal 2D.

Alternatif ketiga, lanjut Awaluddin, calon penumpang pesawat dapat langsung menuju Airport Health Center Terminal. Fasilitas tersebut berada di 3 (SMMILE Center) dan Terminal 2 (Shelter Skytrain) untuk melakukan tes seperti yang sudah dilakukan selama ini.

“Pengembangan ini dilakukan menyusul cukup tingginya animo calon penumpang pesawat untuk mendapatkan layanan tes Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta dalam beberapa hari terakhir,” tutur Awaluddin.

Alternatif tersebut juga dapat memberikan pilihan bagi calon penumpang pesawat agar dapat merencanakan tes Covid-19 dengan lebih baik. Selain itu juga dapat memecah penumpukan calon penumpang sehingga tes tidak dilakukan secara bersamaan di satu titik.

Dengan adanya pengembangan layanan tersebut, terdapat enam lokasi tes Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta. Lokasi tersebut berada di Airport Health Center Terminal 2 di Shelter Skytrain, SMMILE Center, dan area lounge umroh. Lalu layanan drive thru tersedia di Lapangan Parkir Terminal 3 Domestik, Lapangan Parkir Terminal 1B, dan Lapangan Parkir Terminal 2D.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA