Ahad 20 Dec 2020 06:35 WIB

Pakar Sarankan Makanan Ini Harus Selalu Ada di Kulkas

Makanan yang ada di kulkas bisa mendukung pola makan sehat.

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah
Foto: ilustrasi menyimpan makanan di kulkas
Foto: PickPik
Foto: ilustrasi menyimpan makanan di kulkas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengkonsumsi makanan sehat telah menjadi bagian dari gaya hidup orang-orang. Sebenanrnya, tidak ada daftar panjang aturan yang perlu diikuti, cukup dengan menikmati pola makan nabati yang senat dan menyimpan jenis-jenis makanan tersebut di lemari es Anda.

Lemari es menjadi tempat yang baik untuk menyimpan makanan agar tetap terjaga kualitasnya. Ini juga memungkinkan Anda dengan mudah menyiapkan makanan sehat yang menjaga tubuh. 

Baca Juga

Dalam penelitian dari Dan Buettner, seorang pakar kesehatan dan penulis The Blue Zones Kitchen, apa yang terpenting adalah membuat pilihan makanan sehat setiap hari. Hal-hal kecil setiap harinya bahkan bisa memberi hasil yang menakjubkan, tanpa pernah Anda sadari. 

“Tak seorang pun berkata pada usia 50 tahun bahwa mereka menjalani diet sehat dan merasa segar,” ujar Buettner, dilansir Well and Good, Sabtu (19/12). 

Berikut beberapa jenis makanan sehat yang harus selalu Anda miliki di kulkas : 

 

1. Kacang

Menurut Buettner, orang yang sering mengkonsumsi kacang memiliki umur lebih panjang dibandingkan yang tidak. Karena itu, ia sangat suka makan kacang meski hanya segenggam kecil setiap harinya. 

“Kacang memiliki berbagai rasa, dan penuh nutrisi serta lemak sehat yang memuaskan nafsu makan Anda,” jelas Buettner. 

Jumlah kecil adalah yang terbaik, karena minyak dalam kacang-kacangan mengalami degradasi (teroksidasi). Kacang dalam jumlah lebih besar dapat disimpan di lemari es atau freezer selama beberapa bulan, yang siap Anda konsumsi saat senggang. 

 

2. Sayuran

Buettner mengatakan 95 persen makanan yang harus Anda konsumsi sebagai bagian diet sehat adalah nabati. Makanan terbaik untuk mendapatkan manfaat jangka panjang bagi tubuh, seperti dalam diet Blue Zones adalah sayuran hijau seperti bayam, kangkung, bit, lobak, dan sawi. 

“Brokoli, kubis, kembang kol, dan paprika juga menjadi bagian dari diet Blue Zones yang sebaiknya tersedia di koulaks,” jelas Buettner. 

 

3. Buah

Buah segar adalah bahan pokok yang sebaiknya tersedia dalam lemari es Anda. Apel, melon, dan jeruk bisa menjadi diantaranya, karena jenis buah ini dapat bertahan lebih lama di pendingin.

Selain mengisi lemari es Anda dengan buah, penempatan juga merupakan kuncinya. Buettner merekomendasikan untuk menyimpan buah dan juga sayuran di rak paling atas lemari es, karena hal itu akan membuat mereka sejajar dengan mata dan mendorong Anda untuk makan lebih banyak.

 

4. Tahu

Dalam diet Blue Zones, konsumsi protein hewani terbatas. Sebaliknya, pilih protein nabati, seperti kacang-kacangan di dapur dan tahu untuk selalu tersedia di lemari es. 

“Cobalah tahu yang ditumis ringan, ditaburi minyak zaitun, atau tempe. Begitu banyak cara untuk mengolahnya, semuanya sama sekali tidak membosankan,” kata Buettner.

 

5. Ikan

Meski konsumsi daging terbatas, Buettner mengatakan Anda bisa makan hingga tiga ons ikan setiap hari, Pilih ikan seperti trout, kakap, kerapu, sarden, dan teri. 

Sebaiknya, hindari konsumsi ikan yang dibudidayakan, karena biasanya hewan air ini dibesarkan di kandang yang penuh sesak, sehingga antibiotik, pestisida, dan pewarna bisa digunakan.

 

6. Susu Alternatif Tanpa Pemanis

Simpan susu yang bersifat alternatif seperti susu kedelai, almond, dan kelapa. Pastikan seluruhnya bebas pemanis dan gula yang akan memberi manfaat memberi banyak protein seperti susu biasa.

Sementara itu, membahas telur yang sering disimpan banyak orang di kulkas untuk menjadi bagian dari konsumsi sehari-hari, Buettner mengatakan sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi lebih dari tiga telur per minggu. Meski demikian, telur tetap merupakan makanan sehat. Sebaiknya, pilih telur berkualitas tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement