Sabtu 19 Dec 2020 00:52 WIB

Unissula Lakukan Pembekalan Kader Kesehatan Desa Sumberahayu

Pembekalan meliputi peran kader dalam mencegah penularan Covid-19

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Muhammad Fakhruddin
Unissula Lakukan Pembekalan Kader Kesehatan Desa Sumberahayu (ilustrasi).
Foto: Rumah Zakat
Unissula Lakukan Pembekalan Kader Kesehatan Desa Sumberahayu (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Dosen Program Studi Kebidanan Fakultas Kedokteran Univeristas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang mengadakan pembekalan kader kesehatan untuk meningkatkan kualitas mereka selama masa pandemi. Pembekalan ini dinilai memiliki peranan penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Pembekalan dilakukan kepada kader kesehatan Desa Sumberahayu, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Kegiatan ini dilakukan secara tatap langsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Para kader sangat antusias, terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang muncul saat sesi diskusi dan keaktifan kader ketika mempraktikan teknik menyusui yang benar. Sebelum dan sesudah menyampaikan materi, para kader menjawab pertanyaan pretest dan posttest sebagai bahan evaluasi keterserapan materi yang diberikan," kata Ketua Tim Pembekalan, Emi Sitrisminah, Jumat (18/12).

Kegiatan diawali dengan senam sehat dan sesi perkenalan. Materi yang disampaikan meliputi peran kader dalam mencegah penularan Covid-19, kanker leher rahim, dan dalam mendukung ASI eksklusif di masa pandemi.

"Kegiatan seperti ini perlu sering diadakan, sebagai upaya refreshing dan peningkatan keterampilan para kader. Kami sangat bersyukur mendapatkan kesempatan ini," kata Bidan Desa Sumberahayu, Yudhisti Dian Pertiwi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement