Kamis 17 Dec 2020 22:44 WIB

LIPI Perkirakan Ekonomi Lebih Baik Jika Vaksin Terpenuhi

Ekonomi Indonesia akan membaik jika vaksin terpenuhi dan pengendalian Covid dilakukan

LIPI
LIPI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kepala Pusat Penelitian Ekonomi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Agus Eko Nugroho memperkirakan perekonomian Indonesia 2021 akan lebih baik jika ketersediaan vaksin terpenuhi dan pengendalian penularan Covid-19 terus dilakukan.

"Perekonomian 2021 tampaknya akan lebih baik, jika syarat ketersediaan vaksin terpenuhi dan upaya perataan kurva penularan Covid-19 terus dilakukan," kata Agus dalam "Media Briefing Outlook Perekonomian 2021: Upaya Mempercepat Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi secara virtual, Jakarta, Kamis (17/12).

Menurut Agus, ketersediaan vaksin bisa membantu pemulihan ekonomi, meski tidak serta merta menyelesaikan persoalan karena perekonomian Indonesia tetap dibayangi oleh sejumlah problem. Beberapa persoalan klasik yang hingga kini belum terselesaikan dalam sektor ekonomi Indonesia yaitu ketahanan pangan, perdagangan internasional serta pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Vaksin dianggap mampu membantu pemulihan kondisi psikologis masyarakat sehingga terbentuk ekspektasi rasional yang lebih positif imbas kondisi ketidakpastian yang menurun,” ujarnya.

Diagnosa sektoral yang dilakukan Pusat Penelitian Ekonomi LIPI atas Produk Domestik Bruto (PDB) 2020 menunjukkan bahwa selama pandemi, beberapa sektor seperti perdagangan besar dan eceran, transportasi pergudangan, dan penyediaan akomodasi makanan/minuman mengalami kontraksi.

Selain itu, industri manufaktur dan UMKM menjadi entitas yang mengalami goncangan terberat selama masa pandemiseiring dengan berkurangnya permintaan masyarakat.

Agus juga mengapresiasi upaya pemerintah dalam mengandalkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan serta pemberian stimulus ekonomi untuk mendorong peningkatan konsumsi rumah tangga dan mencegah terjadinya lonjakan pengangguran.

"Sayangnya, kedua upaya tersebut belum membuahkan hasil yang menggembirakan," tutur Agus.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement