Rabu 16 Dec 2020 17:16 WIB

Ketika Si Juki dan Spongebob Berteman di Dalam Buku Cerita

Faza Meonk dan Nickelodeon kolaborasi hadirkan cerita Si Juki dan Spongebob.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Seri buku cerita Si Juki x SpongeBob rilis di Indonesia, Jumat (11/12).
Foto: Tangkapan layar konferensi pers virtual/Pioni
Seri buku cerita Si Juki x SpongeBob rilis di Indonesia, Jumat (11/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apa jadinya jika tokoh kartun lokal Indonesia Si Juki bertemu dengan si kocak Spongebob Squarepants? Petualangan mereka hadir dalam lima seri buku cerita kolaborasi antara komikus Faza Meonk dan Nickelodeon.

Seri buku cerita Si Juki x SpongeBob rilis mulai Jumat (11/12) di Tokopedia dan segera tersedia di toko buku. Lima judulnya yakni "Petualangan Impian", "Dunia Prasejarah", "Makan Besar", "Balap Bajaj", dan "Petualangan di Laut".

Baca Juga

Bagaimana bisa Si Juki yang berada di darat berjumpa Spongebob yang hidup di dasar laut? Jawabannya bisa didapatkan dengan langsung membaca bukunya. Sebagai bocoran, pada buku pertama Juki terdampar di sebuah pantai asing. Di sanalah dia bertemu dengan SpongeBob SquarePants yang juga bernasib sama.

Mereka berdua memulai petualangan dari tempat terpencil itu hingga ke beberapa lokasi lain. Ada tempat dengan latar era prasejarah, dunia asing penuh makanan, arena balap, hingga perburuan harta karun yang membuat mereka naik kapal bajak laut.

Kreator Si Juki, Faza Meonk, membeberkan proses kreatifnya menggarap seri buku cerita. Dia sangat bersemangat merampungkan proyek tersebut karena Spongebob Squarepants adalah karakter favoritnya sejak masih duduk di bangku sekolah.

Bahkan, Spongebob adalah salah satu inspirasi terbesar Faza dalam berkarya. Menurut dia, cerita Spongebob memiliki lelucon berlapis. Ada kelucuan untuk anak-anak, ada yang cuma dipahami orang dewasa, ada pula untuk penggandrung budaya pop.

photo
Seri buku cerita Si Juki x SpongeBob rilis di Indonesia, Jumat (11/12). - (Tangkapan layar konferensi pers virtual/Pioni)

"Spongebob menginspirasi saya bikin karakter yang bisa dinikmati semua orang. Dalam kolaborasi ini, saya teringat kalau Spongebob punya tagline imajinasi, karena itu latar cerita ada di dunia imajinasi," tutur Faza.

Tidak sekadar mempertemukan dua karakter, buku cerita Si Juki X Spongebob juga memasukkan unsur-unsur Indonesia sehingga dekat dengan pembaca. Misalnya, makanan ketoprak di buku "Makan Besar" serta bajaj di buku "Balap Bajaj".

Dalam merampungkan lima bukunya, Faza dibantu tiga orang timnya, mulai dari eksplorasi ide cerita sampai pewarnaan. Tentunya, juga dengan evaluasi dari Nickelodeon. Perbincangan tentang kolaborasi sudah dimulai sejak dua tahun silam.

VP MNC Licensing dan MNC Contents Shierly Kosasih selaku kepanjangan tangan Nickelodeon di Indonesia menyampaikan lebih lanjut terkait proses kolaborasi. Semula, kerja sama itu hanya sebatas artwork dan merchandise.

Seirig waktu, Nickelodeon sepakat membuat buku cerita Si Juki dan Spongebob. Shierly senang bisa membawa Spongebob sedekat mungkin dengan audiens Indonesia, bersama karakter lokal populer Si Juki.

"Kami menganggap Juki memiliki DNA yang mirip dengan Spongebob. Tidak semua karakter ketika disatukan akan mengeluarkan mood dan spirit yang sama. Juki dan Spongebob, bisa terasa mereka ini BFF (best friend forever atau sahabat baik)," ungkap Shierly.

Vice President Brand & Retail Marketing Asia Pacific, ViacomCBS Consumer Products Dennis Tan juga sangat menikmati proses pembuatan buku cerita. Dia berharap penggemar Tanah Air bisa merasakan hal yang sama tatkala membaca bukunya.

"Seri buku cerita ini memungkinkan kami menghadirkan optimisme dan antusiasme SpongeBob dalam konteks hyper local. Humor dan jalan ceritanya akan sangat menarik bagi siapapun yang merasakan kegembiraan bersama Nickelodeon," kata dia.

Buku cerita yang diluncurkan dalam Bahasa Indonesia tersebut bisa segera dikoleksi para penggandrung Si Juki maupun Spongebob. Ada juga merchandise seperti pakaian, sepatu, aksesori, dan figurin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement