Rabu 16 Dec 2020 16:51 WIB

Klopp: Spurs Tim dengan Serangan Balik Terbaik Saat Ini

Mou punya kemampuan memadukan ide permainan sepak bola dengan barisan pemainnya.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Jose Mourinho (pelatih Tottenham Hotspur/kiri) Vs Juergen Klopp (pelatih Liverpool).
Foto: Republika.
Jose Mourinho (pelatih Tottenham Hotspur/kiri) Vs Juergen Klopp (pelatih Liverpool).

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, menilai kehadiran Jose Mourinho di kursi pelatih Tottenham Hotspur telah memberikan dampak signifikan terhadap permainan the Lillywhites. Tidak hanya kemampuan mengendalikan permainan, Spurs juga memiliki serangan balik yang mematikan.

Dua aspek inilah yang paling diwaspadai Klopp kala memimpin anak-anak asuhnya menerima lawatan Tottenham Hotspur di Stadion Anfield pada pekan ke-13 Liga Primer Inggris, Kamis (17/12) dini hari WIB. Menurut Klopp, di bawah kendali Mourinho, Spurs telah tampil seperti layaknya tim besar.

The Lillywhites, kata pelatih asal Jerman, itu menjadi paket yang lengkap, baik saat membangun serangan, soliditas dalam bertahan, ataupun memanfaatkan kesempatan lewat serangan balik cepat.

''Tottenham telah menunjukkan kualitas permainan tim-tim papan atas. Hal ini terlihat saat mereka menguasai bola. Mereka juga bertahan seperti tim papan atas. Bahkan, menurut saya, mereka adalah tim dengan skema serangan balik terbaik pada saat ini,'' ujar Klopp seperti dilansir Sky Sports, Rabu (16/12).

Pujian Klopp ini memang bukan tanpa alasan. Kemampuan Spurs mencuri gol via serangan balik cepat telah terbukti di sejumlah laga terakhir. Salah satu titik kunci dari skema serangan balik cepat Spurs ini adalah penempatan posisi Harry Kane. Penyerang asal Inggris itu menjadi penahan bola, yang kemudian mengarahkan bola ke pemain-pemain sayap Spurs, seperti Son Heung-Min.

Dengan kecepatannya, Heung-Min bisa langsung merangsek ke kotak penalti dan mengakhiri serangan balik Spurs dengan sepakan terarah. Skema inilah yang terjadi saat Spurs mencetak gol pembuka kala melumat Arsenal, 2-0, awal bulan ini. Skema serangan balik ini, lanjut Klopp, tidak terlepas dari kemampuan unik Mourinho dalam meracik taktik dan strategi permainan timnya.

Mourinho, kata mantan pelatih Borussia Dortmund itu, memiliki kemampuan untuk memadukan ide-ide permainan sepak bolanya dengan barisan pemain yang dimiliki timnya. Belum lagi dengan pengalaman dan ambisi pelatih berjuluk the Special One itu untuk bisa meraih kemenangan, meski penampilannya timnya tidak terlalu menghibur.

''Sebagai pelatih, Anda harus bisa memadukan ide sepak bola dan pemain yang Anda miliki. Mourinho adalah salah satu pelatih terbaik untuk kemampuan ini. Akhirnya, semua soal raihan hasil dan Mourinho piawai akan hal itu. Dia tidak merasa terganggu soal gaya permainan, yang penting adalah hasil. Ini membuat dia menjadi pelatih yang disegani,'' ujar Klopp menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement