Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Jokowi Perintahkan Realokasi Anggaran untuk Vaksin Gratis

Rabu 16 Dec 2020 14:38 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani

Presiden Jokowi

Presiden Jokowi

Foto: Biro Pers Media Informasi Sekretariat Preside
Jokowi memerintahkan untuk memprioritaskan dan merealokasi anggaran untuk vaksin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan program vaksinasi Covid-19 diberikan secara gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia. Ia pun menginstruksikan jajaran kabinet dan lembaga, serta pemerintah daerah untuk memprioritaskan program vaksinasi Covid-19 pada tahun anggaran 2021 sehingga seluruh masyarakat bisa mendapatkan vaksin.

“Saya juga menginstruksikan dan memerintahkan kepada Menkeu untuk memprioritaskan dan merealokasi dari anggaran lain terkait ketersediaan dan vaksinasi secara gratis ini sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin,” jelas Jokowi saat konferensi pers di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/12).

Keputusan pemerintah untuk menggratiskan vaksin Covid-19 ini dilakukan setelah mempertimbangkan berbagai masukan dari masyarakat dan juga setelah menghitung ulang kondisi keuangan negara.

“Dapat saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi gratis tidak dikenakan biaya sama sekali,” ujar dia.

Presiden juga menegaskan akan menjadi penerima pertama vaksin Covid-19 di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan pada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman.

“Saya ingatkan agar masyarakat terus berdisiplin menjalankan 3M, menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, untuk kebaikan kita semua,” kata Jokowi.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA