Rabu 16 Dec 2020 10:45 WIB

Issa Bersaudara akan Bangun Masjid Ikonik Rp 95 Miliar

Masjid ikonik Rp 95 miliar akan dibangun Issa Bersaudara.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Issa Bersaudara akan Bangun Masjid Ikonik Rp 95 Miliar. Foto ilustrasi: Kubah masjid berlafaskan Allah (ilustrasi)
Foto: ANTARA
Issa Bersaudara akan Bangun Masjid Ikonik Rp 95 Miliar. Foto ilustrasi: Kubah masjid berlafaskan Allah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BLACKBURN--Miliarder Issa bersaudara menginvestasikan lebih dari £ 5 juta (Rp. 95 miliar) untuk membangun masjid baru yang ikonik. Pendiri EG Group, Mohsin dan Zuber itu telah mengungkapkan lebih detail tentang skala pusat keagamaan dan komunitas Muslim yang mereka usulkan.

Bulan lalu, Yayasan Amal Issa telah mengirimkan rencana untuk gedung baru dengan kubah dan dua menara di situs bekas sekolah pertama Westholme School yang baru-baru ini dikosongkan Dewan Darwen. Bangunan yang ditaksir akan menghabiskan sekitar 5 juta pound itu, ketika resmi dibuka, akan merangkap menjadi situs wisata yang dapat dikunjungi oleh semua kalangan dari semua agama.

Baca Juga

Selain aula sholat, masjid itu juga akan mencakup pusat komunitas yang menawarkan layanan kepada masyarakat lokal dari semua latar belakang termasuk perawatan orang tua dan anak, konseling duka cita dan layanan pemakaman. Pusat dan masjid akan didedikasikan untuk 'mempromosikan rasa hormat, keragaman, dan pemahaman yang lebih baik tentang budaya yang berbeda', kata Issa bersaudara yang dikutip di Asian Image, Rabu (16/12).

Seorang juru bicara Yayasan Issa mengatakan, Yayasan Issa dengan senang hati telah mengajukan rencana untuk tempat peribadatan baru dan pusat komunitas bagi masyarakat Blackburn bersama Darwen. “Komunitas memainkan peran yang lebih penting selama masa-masa sulit seperti ini, dan kami sangat senang dapat melakukan bagian kami untuk memastikan komunitas lokal yang lebih luas akan memiliki fasilitas baru yang sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan agama dan sosial mereka," kata dia.

Ketua Dewan Masjid Lancashire Maulana Rafiq Sufi mengatakan, masjid ini akan menjadi baik bagi komunitas dan aset nyata bagi seluruh Blackburn. Issa melakukan banyak pekerjaan amal di kota asal mereka dan ini adalah aspek lain dari itu, kata dia.

Cllr Phil Riley, Blackburn dengan bos regenerasi Dewan Darwen berkata, ini akan menjadi luar biasa. Ini adalah investasi besar di daerah tersebut. “Ini akan menambah sesuatu pada warisan arsitektur Blackburn di pintu gerbang utama ke kota," kata dia.

"Kami sangat senang dengan minat berkelanjutan dari Issa bersaudara di kota asal mereka dan pada fokus pengembangan komunitas yang lebih luas," sambungnya.

Masjid yang akan dibangun di persimpangan Preston New Road, Billinge End Road, dan Buncer Lane ini akan menggunakan arsitektur Islam kontemporer dengan jendela melengkung, dua menara dan satu kubah.

Sumber:

https://www.asianimage.co.uk/news/18946259.blackburns-issa-brothers-reveal-new-mosque-plans/

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement