Selasa 15 Dec 2020 14:15 WIB

Tim UMS Raih Juara 2 Kontes Mobil Hemat Energi 2020

Tim UMS pernah pulang dengan kegagalan pada 2019.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Dwi Murdaningsih
Gedung Induk Siti Walidah kantor pusat Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).
Foto: Republika/Binti Sholikah
Gedung Induk Siti Walidah kantor pusat Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKOHARJO - Tim mobil hemat energi ECRC Trisula Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mendapat juara 2 tingkat nasional kriteria sistem pengemudi dan pengereman, dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KHME) tahun 2020. Manajer tim ECRC, Bagus Dwi Nugroho, menceritakan tim ECRC harus bersaing melawan tim dari perguruan tinggi lain di Indonesia.

Mereka beradu gagasan berupa rancangan mobil hemat energi. KHME merupakan lomba yang diadakan untuk mengapresiasi hasil inovasi dan kreasi mahasiswa dalam merancang dan membangun kendaraan yang aman, irit, serta ramah lingkungan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Baca Juga

Bagus menjelaskan, tim yang dia pimpin mengirimkan konsep gagasan Mobil Urban. Keunggulan dari rancangan mobil tersebut terletak pada bentuk miniatur dari mobil seperti pada umumnya yang ada di kota.

Sehingga jika ingin mengembangkannya menjadi mobil dengan pemakaian yang komplek sangat bisa dilakukan.

"Bentuknya simpel, dan seperti bentuk mobil urban pada umumnya," ujar mahasiswa Teknik Mesin UMS angkatan 2018 tersebut seperti tertulis dalam siaran pers, Selasa (15/12).

Tim tersebut ternyata pernah pulang dengan kegagalan pada 2019. Namun, semangat pantang menyerah mereka kini membuahkan hasil.

"Tahun lalu kami gagal pada sistem pengereman. Jadi pengalaman tersebut kami jadikan pelajaran berharga. Alhamdulillah tahun ini kami berhasil membuat sistem pengereman lebih sempurna dan dapat juara," ungkap Bagus.

Tahapan lomba dilaksanakan mulai dari seleksi administrasi pada 15 Oktober 2020, dilanjutkan tahap seleksi laporan desain 7-15 Oktober 2020. Selanjutnya masuk tahap presentasi finalis 26-29 November 2020. Semua tahapan dilaksanakan secara daring dan terpusat di Universitas Indonesia. Tahun ini, pertama kalinya KMHE dilaksanakan secara daring.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement