Selasa 15 Dec 2020 05:55 WIB

5 Minuman yang Baik untuk Tubuh dan Pikiran

Minuman yang terbuat dari bahan fungsional juga membawa manfaat.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Foto: ilustrasi minuman sehat
Foto: Pxhere
Foto: ilustrasi minuman sehat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minuman yang terbuat dari bahan-bahan fungsional tampak semakin digemari. Selain memiliki rasa yang unik, bahan-bahan fungsional dalam minuman ini dinilai dapat membawa beragam manfaat.

"Ada permintaan tinggi yang tak biasa terhadap bahan-bahan fungsional yang dapat menunjang imunitas, suasana hati, dan/atau fungsi kognitif," jelas CEO REDD dan ahli minuman Emma Fuerst Frelinghuysen, seperti dilansir EatThis, Senin (14/12).

Baca Juga

Setidaknya ada lima minuman dengan bahan-bahan fungsional yang dinilai baik untuk kesehatan tubuh dan juga pikiran. Berikut ini adalah kelima minuman tersebut.

 

Mocktail Fruit Shrub

Ahli gizi Cassie Christopher merekomendasikan fruit shrub sebagai salah satu opsi minuman dengan bahan fungsional. Fruit shrub terbuat dari kombinasi cuka, buah, dan gula.

"Cuka telah terbukti secara ilmiah memiliki manfaat bagi kesehatan, begitu juga buah," ujar Christopher.

Akan tetapi, gula tidak baik untuk dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih. Oleh karena itu, Christopher mengatakan penggunaan gula dalam minuman ini perlu dibatasi.

 

Kombucha

Teh kombucha juga meraih popularitas yang cukup besar belakangan ini. Kombucha pada dasarnya merupakan minuman probiotik yang dibuat melalui fermentasi teh dengan bakteri dan ragi.

Proses fermentasi membuat minuman kombucha biasanya mengandung alkohol. Akan tetapi ada beragam produk kombucha siap minum yang tidak mengandung alkohol di pasaran. Produk-produk siap minum ini biasanya telah diperkaya dengan bahan-bahan lain seperti jahe hingga antioksidan.

 

Minuman dengan Kunyit

Kandungan kurkumin di dalam kunyit memiliki sifat antiinflamasi yang kuat. Selain itu, kurkumin juga diyakini memiliki sifat yang dapat membantu penurunan berat badan.

Saat ini, penambahan kunyit ke dalam minuman merupakan hal yang cukup umum. Beberapa di antaranya adalah minuman cokelat dengan kunyit hingga chai kunyit. Bahkan kedai kopi sebesar Starbucks turut menjual kopi giling yang disertai dengan kunyit.

 

Minuman Produktivitas

Kopi kini menjadi salah satu jenis minuman yang populer di berbagai belahan dunia. Kandungan kafein di dalam kopi dapat memberikan banyak manfaat.

Selain itu, ada pula minuman bernama Magic Mind yang mengandung 12 bahan aktif. Bahan-bahan aktif ini meliputi adaptogen yang dapat menstimulasi fokus, kreativitas, energi, dan motivasi. Di saat yang sama, bahan-bahan tersebut juga membantu menurunkan stres, oksidasi, dan inflamasi di dalam tubuh.

 

Air Putih yang Diperkaya

Air putih merupakan opsi minuman yang terbaik untuk menghindrasi tubuh. Belakangan ini muncul tren air putih yang diperkaya dengan bahan lain seperti buah hingga rempah.

Penambahan bahan ini akan membuat air putih tersebut memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak. Tentu manfaat nutrisinya akan sangat bergantung dari bahan-bahan yang ditambahkan.

Salah satu contohnya adalah air putih yang diperkaya oleh klorofil. Ahli gizi Trista Best mengatakan air putih yang diperkaya klorofil dapat membantu proses detox tubuh, menunjang kesehatan kulit, serta memberikan asupan antioksidan yang signifikan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement