Senin 14 Dec 2020 17:07 WIB

Angka Stunting di Daerah Ini Masih Tinggi

Stunting bisa saja terjadi pada keluarga yang perekonomiannya mampu.

ilustrasi Stunting
Foto: Republika/Mardiah
ilustrasi Stunting

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Kepala Perwakilan (Kaper) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan BaratTenny C Soriton menyatakan angka stunting di Kalbar masih tinggi yakni sekitar 30 persen di tahun 2019.

"Ada banyak pemicu terjadinya stunting, selain faktor makanan, pola hidup yang tidak sehat juga dapat menjadi penyebab stunting," kata Tenny C Soriton saat menghadiri kegiatan sosialisasi materi dan media KIE Pelaksanaan Pro PN promosi pentingnya pola pengasuhan 1000 HPK di Desa Bunut Hilir, Kecamatan Bunut Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu, Senin (14/12).

Menurut dia, stunting bisa saja terjadi pada keluarga yang perekonomiannya mampu, jika asupan makanan dan pola hidup dari masa kehamilan sampai melahirkan tidak dijaga betul, sehingga bukan tidak mungkin anak tersebut terpapar stunting.

"Intervensi stunting itu terus dilakukan BKKBN Kalbar, bahkan di tahun depan, empat daerah masuk dalam fokus penanganan intervensi stunting. Mudah-mudahan daerah yang menjadi fokus penanganan stunting sekarang setelah dievaluasi nanti angkanya bisa terus turun," katanya.

Sementara itu, Camat Bunut Hilir Syapril Ansari mengatakan dengan mengonsumsi obat tambah darah minimal 90 tablet selama masa kehamilan, dapat menekan terjadinya stunting.

"Kecamatan Bunut Hilir ini masuk dalam dua tertinggi stunting di Kabupaten Kapuas Hulu, namun sejak tiga tahun melakukan intervensi, hingga saat ini angkanya terus menurun. Mudah-mudahan di tahun depan, kita (Bunut Hilir) bisa lepas dari zona merah stunting," ujarnya.

Dia menambahkan, sejak Bunut Hilir ditetapkan zona merah stunting, pihaknya pun terus melakukan intervensi penurunan angka stunting di daerahnya.

"Untuk hal itu kami terus melakukan sosialisasi dalam pemberian informasi penanganan stunting kepada masyarakat, salah satunya kepada calon ibu hamil dan perempuan yang bakal menjadi ibu, seperti para calon ibu agar mengkonsumsi obat tambah darah selama hamil atau minimal 90 tablet selama 9 bulan 10 hari," ujarnya.

Selain itu, pemberian makanan tambahan yang sehat pada ibu hamil juga dapat memperkecil terjadinya stunting yang tentunya juga menjadi tugas suami dalam menjaga asupan gizi selama istrinya hamil.

Kemudian, untuk persalinan dia juga meminta agar proses persalinan dilakukan pada bidan atau Puskemas, agar kesehatan bayi dan ibunya dapat terpantau. "Setelah bayi lahir, berikan ASI eksklusif karena ASI sangat baik buat perkembangan otak bayi," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement