Jumat 11 Dec 2020 19:37 WIB

Bacaan Surat Rasulullah Saat Sholat Maghrib

Bacaan sholat Rasulullah berbeda-beda.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Bacaan Surat Rasulullah Saat Sholat Maghrib. Sholat. Ilustrasi
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Bacaan Surat Rasulullah Saat Sholat Maghrib. Sholat. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ayat dan surat yang Rasulullah SAW baca dalam sholat berbeda-beda, tergantung sholat lima waktu yang beliau kerjakan atau sholat lainnya.

Dikutip dari buku Sifat Shalat Nabi karya Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani, "Dalam sholat Maghrib Rasulullah SAW terkadang membaca surat-surat pendek yang termasuk dalam kelompok surat-surat al-Mufashshal," (HR Bukhari dan Muslim). Hingga "Apabila mereka sholat bersama beliau, kemudian salam, lalu salah seorang di antara mereka keluar, ia masih bisa melihat bekas tancapan anak panahnya," (HR an-Nasai dan Ahmad).

Baca Juga

"Pernah dalam perjalanan safar beliau membaca Wat tiini waz zaituun (at-Tin) pada rakaat kedua," (HR ath-Thayalisi dan Ahmad). 

Terkadang beliau membaca surat-surat panjang yang termasuk kelompok surat-surat al-Mufashshal atau surat yang sedang dari kelompok tersebut, dan "Terkadang beliau membaca Alladziina kafaruu wa shadduu 'an sabiilillaah (Alquran surat Muhammad)," (HR Ibnu Khuzaimah, ath-thabrani, dan al-Maqdisi.

"Terkadang beliau membaca surat ath-Thur," (HR Bukhari dan Muslim).

"Terkadang beliau membaca surat al-Mursalat, beliau membacanya pada sholat terakhir yang beliau lakukan" (Idem).

"Terkadang beliau membaca salah satu dari dua surat yang panjang (surat al-A'raf), (untuk dua raka’at)," (HR Bukhari, Abu Dawud, Ibnu Khuzaimah, as-Sarraj dan al-Mukhallash).

Dan "Terkadang beliau membaca surat al-Anfal untuk dua raka'at" (HR ath-Thabrani).

Adapun dalam sholat sunnah setelah sholat Magrib (Ba’diyah Maghrib), "Beliau membaca surat al-Kafirun dan surat al-lkhlash (HR Ahmad, al-Maqdisi, an-Nasai, Ibnu Nashr dan ath-thabrani).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement