Kamis 10 Dec 2020 22:56 WIB

Klopp Mulai Yakin dengan Posisi Baru Minamino

Minamino kembali ditempatkan sebagai gelandang tengah

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Juergen Klopp
Foto: EPA-EFE/Paul Ellis
Juergen Klopp

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Liverpool resmi merekrut gelandang serang asal Jepang, Takumi Minamino, pada pertengahan musim lalu. Namun, mantan pemain RB Salzburg itu dinilai belum menunjukan performa terbaiknya dan dianggap kalah bersaing dengan gelandang serang The Reds lainnya. Sejak resmi berseragam The Reds, Minamino baru mencatatkan 27 penampilan buat The Reds di semua ajang.

Kendati begitu, pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, agaknya telah menemukan solusi terkait kondisi tersebut. Pelatih asal Jerman itu sempat mengubah posisi bermain gelandang serang berusia 25 tahun. Alih-alih menempatkannya sebagai gelandang serang atau winger, Minamino diturunkan sebagai gelandang tengah.

Ditempatkan sebagai gelandang tengah, tugas utama Minamino adalah menyokong trio lini serang dan mematahkan serangan saat bola masih berada di bidang lapangan lawan. Klopp pertama kali mengubah posisi bermain Minamino ini saat The Reds ditahan imbang Brighton, 1-1, akhir bulan lalu. Kemudian, Minamino kembali ditempatkan sebagai gelandang tengah saat The Reds ditahan imbang Midtjylland, 1-1, di laga pamungkas Grup D Liga Champions, Kamis (10/12) dini hari WIB.

Meski gagal membawa Liverpool memetik kemenangan di laga kontra Midtjylland, tapi Minamino sempat mencetak gol, yang akhirnya dianulir wasit. Klopp menilai, eksperimen perubahan posisi bermain gelandang kelahiran Osaka tersebut sepertinya membuahkan hasil positif. Mantan pelatih Borussia Dortmund itu mulai puas dengan kinerja Minamino sebagai gelandang tengah.

''Kemampuan para pemain beradaptasi cukup baik di laga ini. Jangan lupakan soal Minamino, yang tampil untuk kedua kalinya di posisi tersebut. Penampilannya jauh lebih baik dibanding pada kesempatan pertamanya bermain sebagai gelandang tengah,'' ujar Klopp seperti dilansir Mirror, Kamis (10/12).

Sejak direkrut Liverpool dari RB Salzburg, Minamino memang belum memberikan kontribusi maksimal kepada The Reds. Dari 27 penampilan di semua ajang, Minamino hanya mencetak tiga gol dan satu assist. Peluang buat Minamino untuk bersaing di perebutan posisi gelandang serang ataupun winger pun kian berat pada musim ini.

Pasalnya, pada awal musim, Liverpool telah merekrut Diogo Jota, yang terbukti mampu langsung beradaptasi dengan gaya permainan The Reds. Dengan tren peningkatan performa Minamino sebagai gelandang tengah, bukan tidak mungkin, Klopp akan memberikan kesempatan lebih banyak buat Minamino untuk merumput di posisi barunya tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement