Kamis 10 Dec 2020 20:41 WIB

Cara Makan Enak dan Sehat untuk Penderita Diabetes

Hal penting mengelola diabetes selama musim liburan adalah membuat perencanaan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Penyakit Diabetes
Foto: Blue Diamond Gallery
Penyakit Diabetes

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika menderita diabetes, Anda tahu bahwa makanan sehat bisa menjadi sangat menantang selama musim liburan. Selama musim liburan biasanya ada banyak menu makanan yang lezat, namun kurang sehat.

Makanan sehat adalah salah satu 'senjata' terbaik untuk mengelola kadar glukosa darah. Namun, godaan untuk menyantap makanan favorit yang sarat lemak dan gula terkadang sulit ditolak.

Menurut American Diabetes Association hal terpenting tentang mengelola diabetes selama musim liburan adalah membuat perencanaan matang. Michigan State University Extension merekomendasikan Anda untuk meluangkan waktu dan membuat rencana yang sesuai. Perhatikan jumlah porsi Anda dan sesuaikan menu untuk menurunkan jumlah lemak, gula, dan karbohidrat yang ada dalam makanan favorit Anda.

Lalu bagaimana agar penderita diabetes bisa menikmati liburan dan tetap sehat? The Association for Diabetes Care and Education Specialists memberikan beberapa tip untuk itu seperti dilansir di The County Press pada Kamis (10/12).

1. Pastikan untuk sarapan pagi dan terus mengonsumsi makanan dan camilan secara teratur sepanjang hari. Berpuasa beberapa saat sebelum makan besar juga dapat memengaruhi kadar glukosa darah Anda secara negatif.

2. Kurangi porsi makanan bertepung dimakan. Roti, nasi, kentang, dan jagung adalah contoh makanan yang masuk dalam kategori ini.

3. Pastikan Lebih banyak konsumsi buah dan sayuran. Buah dan sayuran mentah, panggang atau kukus adalah sumber vitamin dan mineral yang baik, rendah lemak, tinggi serat dan dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dengan kalori yang lebih sedikit.

4. Hindari minuman berkalori tinggi. Sebaliknya, pilih air, soda diet, dan kopi atau teh tanpa krim dan gula. Hidrasi tidak hanya baik untuk tubuh Anda, tetapi juga membuat Anda merasa lebih kenyang.

5. Hindari alkohol. Alkohol, terutama saat perut kosong, bisa menurunkan gula darah. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda tentang apakah aman untuk minum alkohol.

6. Aktivitas fisik merupakan bagian penting dari manajemen diabetes dan dapat membantu menjaga kadar gula darah Anda dalam kisaran normal. Cobalah untuk tetap berjalan-jalan di area tempat tinggal atau aktivitas fisik lainnya yang menyenangkan.

7. Jangan keras pada diri sendiri jika Anda makan berlebihan atau keluar jalur dengan perencanaan makan Anda. Sebaliknya, lihat ke depan, selesaikan masalah, dan buat rencana yang membawa Anda ke jalan menuju pola makan yang lebih sehat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement