Rabu 09 Dec 2020 15:06 WIB

Tips Aman Ajak Hewan Peliharaan Bepergian Jauh

Sebelum memutuskan mengajak hewan peliharaan, pastikan ia sedang tidak sakit.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Hewan peliharaan dan pemiliknya.
Foto: Republika.co.id
Hewan peliharaan dan pemiliknya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merencanakan perjalanan bersama hewan kesayangan bisa menjadi alternatif guna melepas penat dan jenuh. Bukan hanya baik bagi Anda, namun juga hewan peliharaan yang juga ikut terisolasi lantaran pandemi Covid-19.

Sebelum memutuskan mengajak hewan peliharaan, pastikan ia sedang tidak sakit, masih muda, atau terlalu cemas untuk diajak bepergian. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa tip aman membawa hewan kesayangan dalam perjalanan darat seperti dilansir di laman Self pada Rabu (9/12).

1. Simpan hewan peliharaan dengan aman di dalam mobil

Demi keselamatan semua, pastikan hewan kesayanganmu tidak berkeliaran atau duduk di pangkuan Anda. Namun usahakan jangan membiarkan hewan terkurung di dalam kandang karena itu bisa membuat hewan malah stres. Untuk membuat hewan nyaman Anda bisa membeli Siivton Pet Carrier yang dapat menampung anjing kecil atau kucing, dan meningkatkan kenyamanan hewan peliharaan Anda selama perjalanan.

2. Teliti kebijakan hewan peliharaan di akomodasi Anda

Satu hal penting yang jangan sampai terlewat adalah pastikan penginapan yang dituju mengizinkan membawa hewan peliharaan. Jika tidak, dapat dipastikan Anda hanya akan mendapatkan rasa lelah pascamenempuh perjalanan darat selama berjam-jam.

3. Kemasi perlengkapan khusus hewan peliharaan

Pastikan Anda membawa keperluan hewan kesayangan selama traveling. Misalnya makanan, obat-obatan, tali pengikat, kalung, mangkuk makanan, mainan, kantong sampah hingga pispot.

4. Mempersiapkan keadaan darurat

Sebelum memulai perjalanan, pastikan untuk mengidentifikasi hewan peliharaan Anda atau mengupgrade informasi microchip untuk mengantisipasi jika kalian terpisah.

5. Habiskan sebagian energi hewan peliharaan Anda sebelum perjalanan

Berikan kesempatan bagi hewan untuk berkeringat, sebelum Anda memasukkannya ke dalam mobil untuk memulai perjalanan. Berjalan-jalanlah dengan anjing atau kucing Anda sebentar untuk membantu mengeluarkan energi, menghilangkan rasa gugup, sehingga hewan bisa tenang ketika berada mobil.

Ahli menemukan bahwa anjing yang kurang aktif secara fisik cenderung lebih takut dalam situasi baru dibandingkan dengan mereka yang berpartisipasi dalam pelatihan atau aktivitas mingguan. Karenanya, mengajak peliharaan untuk beraktivitas sebelum traveling itu penting.

6. Sesuaikan jadwal makan hewan dan perjalanan

Para ahli sering merekomendasikan untuk melewatkan sarapan anjing atau kucing saat bepergian dengan hewan peliharaan. Perjalanan darat dapat menyebabkan ketidaknyamanan perut, mual bahkan muntah. Anda bisa memberikan makanan ketika hewan tiba di tempat tujuan.

Mengingat setiap hewan memiliki kebutuhan khusus, sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan Anda. Anda mungkin perlu mengubah jadwal makan hewan berdasarkan lama perjalanan dan kesehatan hewan peliharaan Anda. Yang pasti, hewan harus tetap terhidrasi, jadi pastikan untuk menepi sejenak dan biarkan kucing dan anjing Anda minum air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement