Rabu 09 Dec 2020 14:16 WIB

5 Cara Simpel Agar tak Berjerawat Saat Pakai Masker

Masker membuat kulit berkeringat, berminyak, dan pori-pori tersumbat.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Berjerawat akibat pakai masker.
Foto: Republika
Berjerawat akibat pakai masker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengenakan masker adalah salah satu cara terbaik untuk memperlambat penyebaran Covid-19. Namun terlalu lama memakai masker dapat menyebabkan masalah kulit yang disebut maskne, timbul jerawat atau iritasi kulit lainnya akibat dari pemakaian masker.

"Masker membuat kulit berkeringat dan berminyak, pori-pori juga tersumbat di bawah masker dan sejujurnya beberapa orang teriritasi hanya karena masker," kata ahli dermatologi dr Glenn Kolansky.

Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan kulit setelah lama menggunakan masker. Kolansky memberikan lima tip yang mungkin bisa membantu seperti dilansir di laman Click Orlando pada Rabu (9/12):

1. Mencuci muka

Tip pertama yaitu dengan rajin mencuci muka sebelum dan sesudah memakai masker. Gunakan sabun muka yang sesuai dengan kondisi kulit. Ingatlah untuk menggosoknya perlahan.

2. Gunakan pelembap

Selain mencuci muka, Anda juga bisa menggunakan pelembap berbahan dasar air dan bebas minyak, tapi jangan terlalu banyak.

3. Ganti masker secara berkala

Ganti masker Anda sesering mungkin dan jaga kebersihan masker. Jika masker Anda berbahan katun, sering-seringlah dicuci dan jangan terlalu banyak menggunakan kosmetik yang berlebihan. Menurut Kolansky, itu bisa menyumbat pori-pori di bawah masker, dan juga kosmetik akan menempel pada masker yang membuat masker kotor.

4. Buka masker beberapa saat

Jika Anda harus mengenakan masker selama berjam-jam, sesekali pergilah ke tempat sepi di mana Anda bisa melepasnya selama lima hingga 10 menit. Itu penting agar kulit Anda memiliki waktu untuk bernapas.

5. Gunakan masker yang ukurannya pas

Terakhir, jika lingkaran masker menyebabkan iritasi pada kulit di sekitar telinga, pastikan masker Anda pas. Jika Anda membutuhkannya lebih besar, ada extender yang bisa Anda beli untuk membantu mengurangi beberapa iritasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement