Rabu 09 Dec 2020 06:28 WIB

Top 5 News: Munarman Vs Polisi, FPI Hebohkan Media Asing

Polisi sebut bantahan Munarman soal laskar FPI tak miliki senpi bisa berujung pidana.

Polisi menyebut anggotanya diserang laskar FPI dalam insiden KM 50 Tol Jakarta-Cikampek. Sementara FPI membantah jika laskarnya dibekali senpi. Foto ilustrasi Laskar FPI .
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Polisi menyebut anggotanya diserang laskar FPI dalam insiden KM 50 Tol Jakarta-Cikampek. Sementara FPI membantah jika laskarnya dibekali senpi. Foto ilustrasi Laskar FPI .

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bentrokan yang terjadi antara laskar FPI dengan polisi di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek dan menewaskan enam orang dari pihak FPI menghebohkan internasional. Sejumlah media luar negeri, seperti dari Inggris, AS, hingga Israel menurunkan berita insiden tersebut.

Kabar penembakan laskar FPI mendominasi daftar berita terpopuler di Republika.co.id, Selasa (8/12). Berikut top 5 news Republika.co.id:

1. Penembakan Pengawal HRS Hebohkan Media Inggris, AS, Israel

Meninggalnya enam orang anggota FPI yang menjadi pengawal Habib Rizieq Shihab, ternyata bukan hanya menghebohkan Indonesia, melainkan juga dunia internasional.

 

 

Media massa internasional cetak, daring, dan televisi pun ramai memberitakannya. Media Israel, Jurasalem Post, dan media Inggris, The Gurdian, pun memberitakanya.

Habib Riziek tiba di Bandara Soekarno Hatta dengan isambut ribuan massa.

 

The Guardian menulis berita ini dengan ilsutrasi gambar Habib Rizieq di tengah massa yang menyambutnya kala dia pulang dari Makkah, Arab Saudi. The Guardian menulis dengan judul berita, "Police shootout kills six suspected supporters of Indonesia clerik" (Baku tembak polisi menewaskan enam tersangka pendukung ulama Indonesia).

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Menelusur KM 50 Jakarta-Cikampek: Mengapa CCTV Sempat Rusak?

Republika pada Senin (7/12) mencoba menelusuri jalur Tol Jakarta-Cikampek KM 50, tempat kejadian perkara (TKP) yang disebut polisi menjadi lokasi penyerangan anggota FPI terhadap petugas yang sedang mengintai rombongan mobil Habib Rizieq Shihab (HRS). Tidak ada yang berubah atau menunjukkan adanya tanda-tanda bahwa lokasi tersebut adalah TKP penyerangan yang berujung tewasnya enam anggota laskar FPI.

Dari penelusuran Republika, beberapa lokasi di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek dan sekitarnya, arah Bandung, hanya ada rest area kecil dan Kantor Jasa Marga Gerbang Karawang Barat. Di sepanjang jalan pula, sejak KM 48 hanya ada beberapa CCTV yang terpantau di tengah dan sisi jalan. Berdasarkan pantauan, ada tiga CCTV yang tersebar di kilometer tersebut.

Tim Republika melakukan penulusuran terhadap TKP yang diduga menjadi tempat bentrokan antara polisi dengan laskar FPI.

Sementara di KM 49, hanya ada satu CCTV terpantau, dan satu CCTV lainnya lainnya terlihat berdiri di dekat penanda KM 50. Menurut petugas setempat, CCTV-CCTV itu selalu aktif.

Baca berita selengkapnya di sini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement