Sunday, 14 Rajab 1444 / 05 February 2023

Puluhan Titik di Kota Sukabumi Terdampak Angin Kencang

Rabu 09 Dec 2020 02:40 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Teguh Firmansyah

Cuaca angin kencang. (ilustrasi)

Cuaca angin kencang. (ilustrasi)

Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Pohon, papan reklame hingga tiang PJU roboh tertimpa angin kencang.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Puluhan titik di Kota Sukabumi dilanda bencana angin kencang pada Selasa (8/12) sore. Dampaknya sejumlah pohon tumbang dan menyebabkan papan reklame serta tiang PJU dan lainnya roboh.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menyebutkan, angin kencang yang terjadi di kota Sukabumi terjadi sekitar pukul 17.15 WIB pada saat Kota Sukabumi diguyur hujan deras. ''Pada Selasa sore terjadi angin kencang yang telah mengakibatkan sejumlah pohon tumbang,'' ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami.

Selain itu bencana menyebabkan robohnya tiang reklame dan atap rumah atau kanopi rumah warga. Dari data sementara ada sebanyak 20 titik lokasi bencana.

Puluhan titik itu di antaranya pohon tumbang di Jalan Stadion Surya Kencana Pabuaran, pohon tumbang di Taman Asri RT 04 RW 14 Ciaul l, dan pohon tumbang menimpa rumah di Rawagede RT 03 RW 05 Cikundul, Lembursitu. Berikutnya baliho papan reklame tumbang di Jalan Lingkar Selatan, pohon tumbang sekitar Hotel Anugerah, dan tiang listrik PJU roboh di Prana Cikole.

Kemudian pohon tumbang di Ciaul Pasir Jalan Kokom Komariah RT 04 RW 13, atap rumah rusak Kelurahan Benteng Tengah dan Gang Juli RW 13 RT 03, Kebonjati. Titik lainnya yakni kabel listrik jalan Bhayangkara, atap rumah di Karamat, dan pohon tumbang di Jalan Sriwijaya RW 2 Sriwedari serta pohon tumbang di komplek Setukpa Japan Bhayangkara.

Di samping itu kanopi tempat usaha Nyomplong, pohon tumbang ex Terminal Sudirman Jalan Sudirman pohon tumbang samping kantor PDAM Karamat, serta pohon tumbang menimpa rumah Kelurahan Baros, Kecamatan Baros.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Imran Wardhani menambahkan, petugas BPBD sudah dikerahkan ke lokasi bencana untuk melakukan penanganan. '' Puluhan titik ini sudah ditangani petugas dibantuk relawan dan warga serta instansi terkait,'' kata dia.

Contohnya tiang PJU yang roboh di Prana sudah dievakuasi oleh petugas pada Selasa malam. Sehingga akses warga yang melintasi jalan kembali normal.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA