Selasa 08 Dec 2020 19:13 WIB

Tahun Depan, Garin Nugroho Produksi Musikal Siti Nurbaya

Garin Nugroho berpendapat, Siti Nurbaya merupakan kisah abadi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Sutradara Garin Nugroho dalam konferensi pers virtual ajang pencarian bakat dunia seni pertunjukan Mencari Siti.
Foto: tangkapan layar
Sutradara Garin Nugroho dalam konferensi pers virtual ajang pencarian bakat dunia seni pertunjukan Mencari Siti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bekerja sama dengan Indonesia Kaya, sutradara Garin Nugroho dipercaya untuk mengarahkan pertunjukkan musikal daring tentang Siti Nurbaya. Musikal yang diadaptasi dari kisah Siti Nurbaya karya sastrawan Indonesia, Marah Roesli, ini rencananya akan diproduksi tahun 2021.

Garin mengungkap alasannya memilih mengadaptasi kisah Siti Nurbaya. Menurut dia, Siti Nurbaya sangat cocok dengan konsep pertunjukan musikal, kisahnya sederhana, namun kompleks dan ceritanya juga masih sangat relevan dengan zaman.

Baca Juga

“Pertunjukan musikal itu tidak jauh-jauh dari cerita cinta atau konflik anak muda seperti kisah Romeo dan Juliet. Karya sastra di Indonesia itu banyak sekali, tapi saya melihat bahwa kisah Siti Nurbaya ini termasuk pada cerita abadi, di era sekarang saja kita bisa dengan mudah menemukan kisah yang sama,” kata Garin dalam konferensi pers virtual pada Selasa (8/12).

Memproduksi pertunjukan musikal secara virtual nyatanya membuat sutradara kenamaan ini semakin tertantang. Apalagi, dalam kondisi seperti sekarang, di mana pandemi Covid-19 masih belum bisa dikendalikan.

 

“Tapi memang media berkesenian itu harus bisa mengikuti zaman, karenanya ketika di zaman sekarang semua serba-online, bagaimana caranya kita bisa mencoba adaptasi, meski banyak hal yang berbeda,” jelas Garin.

Untuk memudahkan Garin mendapatkan pemain, Indonesia Kaya membuka program “Mencari Siti”, yakni pencarian seniman muda berbakat yang dihelat secara daring. Yang dicari ialah sosok yang punya kemampuan vokal, tari dan akting.

Program pencarian para pemain pertunjukan musikal online ini akan dibuka mulai 8 hingga 31 Desember 2020. Audisi ini bisa diikuti pria maupun wanita umur 18 hingga 35 tahun, memiliki kemampuan akting, vokal, dan menari. Calon peserta wajib mengisi formulir pendaftaran melalui www.indonesiakaya.com dan seluruh kegiatan ini tidak dipungut biaya.

Selain itu, peserta juga harus merekam dua lagu audisi, yaitu lagu wajib dan lagu karakter sesuai peran yang diinginkan. Pemilihan lagu karakter ini terdiri dari tiga karakter utama, yaitu Siti Nurbaya, Datuk Maringgih, dan Samsul Bahri.

Peserta juga harus menunjukkan akting, vokal, dan koreografi secara keseluruhan sesuai video materi audisi yang tersedia di Instagram @indonesia_kaya dan mengunggah kedua video audisi dalam satu postingan secara multiple di akun Instagram dengan tagar @indonesia_kaya dan mencantumkan tagar #MencariSiti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement