Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Media Asing Soroti Tewasnya Enam Anggota FPI oleh Polisi

Senin 07 Dec 2020 16:39 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah

Media Inggris the Guardia melaporkan penembakan anggota FPI.

Media Inggris the Guardia melaporkan penembakan anggota FPI.

Foto: Tangkapan layar the Guardian.
Media Qatar, Saudi, hingga Inggris ikut memberitakan terbunuhnya anggota FPI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Media asing menyoroti laporan soal terbunuhnya enam pendukung Front Pembela Islam (FPI) oleh pihak kepolisian, Senin (7/12) dini hari, pukul 00.30. Bentrokan antara polisi dan pengikut Habib Rizieq Shihab terjadi di Tol Jakarta-Cikampek KM 50.

Media Qatar, Aljazirah melaporkan dengan judul "Indonesia police kill six suspected supporters of hardline leader." Dalam laporannya, media tersebut mengutip pernyataan Kapolres yang mengumumkan bahwa enam orang terbunuh setelah petugas merasa bahwa nyawa para petugas terancam menyusul pengejaran mobil di sepanjang jalan tol.

"Enam tersangka pendukung pemimpin Muhammad Rizieq Shihab tewas dalam bentrokan dengan polisi pada Senin dini hari," demikian tulis laporan Aljazirah.

Laman media Inggris The Guardian mengangkat judul "Police shootout kills six suspected supporters of Indonesian cleric."The Guardian menyoroti Habib Rizieq sebagai ulama kontroversial.

"Polisi telah menyelidiki Habib Rizieq atas pelanggaran protokol kesehatan selama pandemi virus corona setelah pertemuan besar untuk merayakan kembalinya dia ke negara mayoritas Muslim terbesar di dunia dari pengasingan diri di Arab Saudi," tulis Guardian yang mengutip kantor berita Reuters, edisi Senin (7/12).

Guardian menuliskan citra Habib Rizieq (55 tahun), sebagai seorang ulama yang mengepalai FPI, sebuah kelompok Islam konservatif yang telah menjadi berpengaruh secara politik dalam beberapa tahun terakhir. Dia meninggalkan Indonesia pada  2017 setelah menghadapi tuduhan pornografi dan menghina ideologi negara.

Sementara itu, South China Morning Post, melaporkan dengan judul, "Supporters of hardline Indonesia cleric Rizieq Shihab killed in shoot-out with police."

Artikelnya mengutip Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran yang mengatakan, bahwa enam tersangka pendukung ulama garis keras Indonesia Habib Rizieq Shihab tewas dalam bentrokan dengan polisi pada Senin dini hari.

Sementara itu, media Al Arabiya juga melaporkan terbunuhnya enam pendukung FPI di tangan polisi. Media tersebut juga mengutip Fadil Imran yang mengatakan bahwa telah terjadi bentrokan antara polisi dan para pendukung Rizieq Shihab di jalan tol.

"Insiden itu terjadi tepat setelah tengah malam di jalan raya ketika sebuah mobil polisi diserang saat mengikuti sebuah mobil yang diyakini membawa pendukung ulama, mengakibatkan baku tembak," tulis laman Al arabiya.

Laman Bangkok Post turut melaporkan terbunuhnya pendukung FPI oleh polisi dengan judul "Enam Pendukung Ulama Indonesia Tewas dalam Bentrokan."

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA