Senin 07 Dec 2020 13:30 WIB

Qurasih Shihab Jelaskan Ciri-Ciri Pemimpin yang Baik

Ciri-Ciri pemimpin yang baik dijelaskan Quraish Shihab.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Muhammad Hafil
Qurasih Shihab Jelaskan Ciri-Ciri Pemimpin yang Baik. Foto: Prof. Quraish Shihab
Foto: Salingsapa
Qurasih Shihab Jelaskan Ciri-Ciri Pemimpin yang Baik. Foto: Prof. Quraish Shihab

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Beberapa hari lagi, pemungutan suara pemilihan kepala daeraah (Pilkada) akan dilaksanakan secara serentak pada Rabu 9 Desember. Dalam Islam, ada penjelasan ciri-ciri pemimpin yang baik. Bagi masyarakat yang masih bingung menentukan pilihannya, berikut dapat disimak ciri-ciri pemimpin baik dalam Islam.

Ahli Tafsir Indonesia dan Pendiri Pusat Studi Alquran, Prof. M. Quraish Shihab mengatakan jika masyarakat memilih pemimpin baik, maka akan lahir pemimpin yang baik. Rasulullah SAW telah memberikan gambaran, keadaan suatu masyarakat sama dengan pemimpin yang ditentukan.

Baca Juga

“Jadi kalau kita baik, kita pasti akan memilih yang baik, maka jadilah dia pemimpin. Kalau kita buruk, pasti akan terpilih yang buruk. Jadilah pemimpin kita buruk. Pemimpinan itu cerminan dari masyarakat sekaligus pemimpin berusaha mewujudkan kehendak masyarakat,” kata Quraish Shihab dalam video Ciri-Ciri Pemimpin Baik di kanal Youtube Najwa Shihab.

Dia menambahkan, itulah sebabnya mengapa pemimpin suatu masyarakat atau pemimpin suatu negara dinamakan Amir. Dalam bahasa Arab, Amir artinya yang memerintah dan diperintah. Jadi, pemimpin yang baik, yaitu dia yang diperintah oleh masyarakatnya. Dia menampung apa yang dikehendaki oleh masyarakat lalu membimbing dan memerintah masyarakatnya agar mengikuti langkah-langkahnya.

Quraish Shihab menjelaskan pemimpin baik menurut Sayyidina Ali adalah seorang yang sebelum menjadi pemimpin, dia telah membaur dengan masyarakatnya dan membimbing mereka, seakan-akan dia adalah pemimpinnya. Namun, begitu dia menjadi pemimpin, dia membaur dengan masyarakatnya seakan-akan dia bukan pemimpinnya, melainkan salah seorang dari mereka.

“Jadi ada pembauran sehingga dia menjadi dapat meresap aspirasi masyarakat kemudian berusaha meyakinkan mereka untuk mengikuti bimbingan mereka, itu pemimpin yang baik,” ujar dia. 

Sumber:

https://www.youtube.com/watch?v=-QeBCpUigHQ

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement