Monday, 5 Jumadil Akhir 1442 / 18 January 2021

Monday, 5 Jumadil Akhir 1442 / 18 January 2021

Madrid Taklukkan Sevilla 1-0

Ahad 06 Dec 2020 00:11 WIB

Red: Israr Itah

Vinicius Junior saat menyentuh bola yang membuat kiper Sevilla Yassine Bounou mencetak gol bunuh diri.

Vinicius Junior saat menyentuh bola yang membuat kiper Sevilla Yassine Bounou mencetak gol bunuh diri.

Foto: EPA-EFE/Jose Manuel Vidal
Kemenangan ini mengatrol posisi Madrid ke tempat ketiga dengan nilai 20.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Real Madrid memetik kemenangan penting atas Sevilla setelah menelan dua kekalahan beruntun di semua kompetisi. Los Blancos mengatasi Sevilla 1-0 pada laga pekan ke-12 di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Sabtu (5/12).

Kemenangan ini mengatrol posisi Madrid ke tempat ketiga dengan nilai 20 dari 11 laga. Hasil ini sekaligus menarik beban di pundak pelatih Zinedine Zidane usai dua kekalahan beruntun, masing-masing dari Depeortivo Alaves di la Liga dan Shakhtar Donetsk di Liga Champions.

Adapun Sevilla berada di peringkat lima dengan nilai 16 dari 10 pertandingan. Ini kekalahan kedua tim asuhan Julen Lopetegui di semua kompetisi setelah tengah pekan ini dipermalukan Chelsea 0-4 di Liga Champions.

Baca Juga

Jalannya laga

Madris sudah menghadirkan ancaman sejak awal ketika Lucas Vazquez berlari di sisi kanan dan melepas operan ke Vinicius Junior ke tiang dekat. Dari sudut sempit, sepakan Vinicius hanya melebar.

Dua menit berselang, upaya Casemiro dari luar kotak penalti memanfaatkan operan Ferland Mendy melambung dan menyamping ke sisi kanan. Menit keempat, tandukan Karim Benzema menerima umpan Vinicius dari jarak dekat berhasil diblok. 

Semenit berselang, Yassine Bounou membuat blunder yang hampir membuat gawangnya kebobolan. Berawal dari Vinicius yang menutup ruangnya untuk menendang. Bola disepak, tapi berubah arah mengenai kaki pemain Brasil tersebut. Bola melambung ke depan gawangnya dan diburu Benzema, tapi Carlos berada di posisi tepat untuk menanduknya kembali arah Bounou. Tangkapan Bounou pertama lepas, tapi Vinicius gagal menyerobotnya. 

Setelah diserang bertubi-tubi, Sevilla mulai bisa mengimbangi dan menutup jalur serangan Madrid. Namun Los Blancos punya banyak cara untuk mengancam gawang Sevilla. Menit ke-21, tendangan Toni Kroos dari luar kotak penalti hanya menyamping tipis di sisi kanan atas gawang Sevilla. Madrid terus berupaya tapi Los Nervionenses meminimalisasinya dengan pressing tinggi.

Madrid kembali punya peluang emas untuk membuka skor. Kali ini pada menit ke-38, Vazquez berlari di sisi kanan. Ia kemudian mengoper bola ke Rodrygo yang berlari ke tengah kotak penalti. Rodrygo mengelabui penjaganya dengan solah mengambil bola, tapi kemudian dibiarkan bergulir ke arah Benzema.

Penyerang asal Prancis ini tanpa ragu menyambutnya melepaskan tendangan melengkung ke arah tengah bawah, tapi Bounou menepisnya. Bola tepisan Bounoue bergulir tipis di samping kanan gawang. Ini merupakan peluang terbaik terakhir Madrid pada laga ini. Skor kacamata bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Lopetegui menarik penyerang Munir El Haddadi dan memasukkan gelandang Oliver Torres. Pergantian ini tampaknya efektif karena Sevilla kemudian menggempur Madrid sejak awal babak kedua. Los Blancos dibuat kesulitan keluar dari daerah pertahanan sendiri dengan pressing Los Nervionenses. Menit ke-52, Lucas Ocampos melepas umpan silang ke kotak penalti Madrid. Luuk de Jong ada di sana melepaskan tendangan akrobatik, tapi tepat berada di pelukan kiper Madrid Thibaut Courtois. 

Ketika dalam tekanan ini, justru Madrid membuka skor pada menit ke-55. Lewat serangan cepat, Mendy mengoperkan bola ke kotak penalti. Vinicius berlari menyambut bola ke tiang dekat dengan meluncurkan tubuhnya. Sentuhan kaki Vinicius ke bola membuat Bounou tak sempurna menangkap si kulit bundar di depan gawang, sehingga justru mencetak gol bunuh diri.

Selepas gol ini, Madrid kembali ke permainan dan balik menekan. Permainan pun semakin seru karena kedua tim sama-sama menekan dan mengalirkan bola dengan cepat.

Lopetegui menarik tiga pemain sekaligus, yakni Joan Jordan, Ivan Rakitic, dan De Jong pada menit ke-64. Ia memasukkan Nemanja Gudelj, Suso, dan Youssef En-Nesyri untuk menyegarkan serangan. Dua menit berselang giliran Zidane menarik Rodrygo dan memasukkan Marco Asensio.

Menit ke-75, Gudelj nyaris membobol gawang Courtois. Tendangan bebasnya di sisi kiri sebelah luar kotak penalti hanya menyamping tipis.

Lopetegui berusaha menyelamatkan poin dengan membuat pergantian terakhir. Ia menarik Diego Carlos dan memasukkan Oussama Idrissi pada menit ke-80.

Beberaopa detik berselang, Suso nyaris menjebol gawang Los Blancos ketika ia mengecoh dua pemain Madrid di sisi kanan dan melepaskan tendangan melengkung dengan kaki kirinya. Bola menyasar tiang jauh, sayangnya menyamping tipis.

Menit ke-82 Idrissi meneruskanbola terobosan ke arah Torres tapi masih bisa dihentikan Casemiro.

Menit ke-84, Vinicius membuat pergerakan brilian menggiring bola ke kotak penalti Sevilla dari pertahanan sendiri. Namun satu sentuhannya yang  terlalu kuat membuat Kounde bisa merebut kembali bola. Hingga tiga menit injury time berakhir, skor 1-0 tak berubah.

Susunan pemain kedua tim:

Sevilla (4-3-3): Yassine Bounou; Jesus Navas, Jules Kounde, Diego Carlos (Oussama Idrissi 80'), Aleix Vidal; Fernando, Joan Jordan (Nemanja Gudelj 64'), Ivan Rakitic (Youssef En-Nesyri 64'); Munir El Haddadi (Oliver Torres 46'), Luuk de Jong (Suso 64'), Lucas Ocampos.

Pelatih: Julen Lopetegui

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Lucas Vazquez, Raphael Varane, Nacho, Ferland Mendy; Luka Modric, Casemiro, Toni Kroos; Rodrygo (Marco Asensio 66'), Karim Benzema, Vinicius Junior.

Pelatih: Zinedine Zidane

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA