Ahad 06 Dec 2020 02:01 WIB

Ilmuwan Buat Peta Detail Antisenter Galaksi Bima Sakti

Satelit Gaia membuat peta paling detail dan akurat galaksi Bima Sakti

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Galaksi bima sakti (ilustrasi)
Foto: wikipedia
Galaksi bima sakti (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Peta tiga dimensi paling akurat dari Galaksi Bima Sakti mengungkap rahasia galaksi kita. Mengintip jauh ke antisenter (arah berlawanan dari pusat galaksi) membantu para astronom menyatukan masa lalu Bima Sakti yang liar.

Satelit Gaia Badan Antariksa Eropa, yang diluncurkan pada 2013, telah bekerja selama bertahun-tahun untuk memetakan galaksi. Gaia berupaya membuat peta dengan detail paling detail dan presisi tertinggi yang dapat dicapai.

Baca Juga

Rilis data barunya, Gaia Early Data Release 3 (EDR3), merupakan peningkatan besar pada data yang ada, seperti yang ditunjukkan dalam serangkaian makalah baru yang diterbitkan di Astronomy & Astrophysics.

Selain menyelidiki antisenter galaksi, para astronom telah mendeskripsikan orbit Tata Surya di sekitar pusat galaksi. Astronom mengamati Awan Magellan yang mengorbit Bima Sakti, dan melakukan sensus terbesar terhadap bintang-bintang Bima Sakti dan gerakannya di langit.

"Data Gaia baru menjanjikan untuk menjadi harta karun bagi para astronom," kata astronom Jos de Bruijne dari ESA, dilansir di Science Alert, Sabtu (5/12).

Gaia mengorbit Matahari dengan Bumi, dalam orbit melingkar di sekitar titik Lagrangian L2 Matahari-Bumi, kantong ruang yang stabil secara gravitasi yang diciptakan oleh interaksi antara dua benda.

Dari sana, Gaia mempelajari bintang-bintang di Bima Sakti dengan cermat selama periode yang lama. Gaia mengamati bagaimana posisi bintang-bintang tampaknya berubah terhadap bintang-bintang yang lebih jauh. Ini memberikan paralaks, yang dapat digunakan untuk menghitung jarak ke bintang-bintang.

Itu dapat dilakukan dari sini di Bumi, tetapi efek atmosfer dapat mengganggu pengukuran. Dari posisinya di luar angkasa, Gaia memiliki keunggulan, yang telah dimanfaatkan dengan sangat baik.

Hingga saat ini, Gaia telah memetakan secara rinci 1,8 miliar sumber, dan mengumpulkan informasi warna pada 1,5 miliar sumber. Menurut Badan Antariksa Eropa (ESA), itu meningkat 100 juta dan 200 juta sumber dari Data Release 2 pada tahun 2018.

Yang menarik adalah anticentre Bima Sakti. Wilayah ini tidak padat penduduknya seperti pusat galaksi, juga tidak tertutup awan debu tebal antarbintang, memberikan pandangan yang lebih jelas tentang bintang-bintang di tepi Bima Sakti.

Wilayah ini menunjukkan lebih jelas gangguan yang ditimbulkan pada Bima Sakti sepanjang sejarahnya. Para astronom menyimpulkan bahwa cakram galaksi dulu lebih kecil dari sekarang.

Menariknya, bintang yang lebih tua, populasi asli Bima Sakti, tidak meluas sejauh bintang dari Gaia Sausage, galaksi yang bergabung dengan Bima Sakti 8 hingga 10 miliar tahun lalu.

Ketika melihat di atas dan di bawah bidang galaksi, muncul gambaran yang berbeda. Sekelompok bintang di atas pesawat bergerak ke bawah, dan bintang di bawahnya bergerak ke atas.

Menurut analisis, hal ini bisa jadi merupakan hasil dari tabrakan yang lambat dan berkelanjutan dengan galaksi katai Sagitarius, mengacak-acak tepi luar cakram Bima Sakti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement