Sunday, 4 Jumadil Akhir 1442 / 17 January 2021

Sunday, 4 Jumadil Akhir 1442 / 17 January 2021

3 Golongan Manusia Terbaik yang Diungkap Rasulullah SAW

Sabtu 05 Dec 2020 09:41 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah

Terdapat 3 golongan manusia terbaik yang disebutkan Rasulullah SAW Mengajarkan alquran, ilustrasi

Terdapat 3 golongan manusia terbaik yang disebutkan Rasulullah SAW Mengajarkan alquran, ilustrasi

Foto: Darmawan/Republika
Terdapat 3 golongan manusia terbaik yang disebutkan Rasulullah SAW

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dalam beberapa hadits, Nabi Muhammad Saw menyatakan beberapa golongan manusia terbaik. Setidaknya ada tiga hadits yang bisa dikumpulkan untuk menjelaskan manusia-manusia terbaik, sehingga bisa diteladani umat Islam.

Pertama, yaitu hadits tentang manusia yang mempelajari Alquran. Rasulullah SAW bersabda:   خيركم من تعلم القرآن وعلمه “Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Alqur’an dan mengajarkannya.” (HR Bukhari).

Imam Ibnul Qoyyim rahimahullahu setelah membawakan hadits di atas, lalu menjelaskan maknanya. Menurut dia, yang dimakdus mempelajari Alqur`an dan mengajarkannya itu mencakup, mempelajari dan mengajarkan huruf-hurufnya dan makna-maknanya.

Baca Juga

Kedua, yaitu hadits yang menjelaskan akhlak manusia. Rasulullah SAW bersabda:  خياركم أحاسنكم أخلاقا “Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik akhlaknya.” (HR Bukhari).

Allah SWT mengutus Nabi Muhammad SAW sebagai nabi dan rasul sekaligus menjadi uswah hasanah (suri teladan yang baik) bagi umatnya. Jika ingin mengetahui kemuliaan akhlak Rasulullah Muhammad SAW, maka kita perlu menyelami seluruh sisi kehidupan beliau. Sebab, seluruh perikehidupan beliau memang dipenuhi akhlak mulia.

Ketiga, hadits yang berkaitan dengan membayar utang. Masalah ini merupakan hal sepele, tapi bisa menjadi masalah besar jika tidak segera dilunasi. Utang memang bukan suatu hal yang diharamkan sebagaimana mencuri, tapi baik buruknya seseorang bisa dilihat juga dari caranya memperlakukan utang-utangnya.

Rasulullah SAW telah memasukkan orang yang bisa membayar utangnya tepat waktu sebagai salah satu manusia terbaik. Beliau bersabda:  

خيركم أحسنكم قضاء “Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik ketika membayar utang).” (HR Bukhari).

BACA JUGA: Beda Proses Kasus Ustadz Maaher dan Denny Siregar, Ini Pembelaan Polisi

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA