Monday, 5 Jumadil Akhir 1442 / 18 January 2021

Monday, 5 Jumadil Akhir 1442 / 18 January 2021

Indra Karya-Yayasan Air Adhi Eka Jalin Kerja Sama  Strategis

Sabtu 05 Dec 2020 07:51 WIB

Red: Irwan Kelana

PT Indra Karya (Persero) meneken kerja sama strategis dengan Yayasan Air Adhi Eka terkait pengembangan sumber daya air, Jumat (4/12).

PT Indra Karya (Persero) meneken kerja sama strategis dengan Yayasan Air Adhi Eka terkait pengembangan sumber daya air, Jumat (4/12).

Foto: Dok Indra Karya
Kerja sama itu khususnya di sektor  pengembangan sumber daya air (SDA).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Indra Karya (Persero) menjalin kerja sama strategis terkait Pengusahaan dan Pengembangan Proyek Kerja Sama Pemerintah Dengan Badan Usaha (KPBU) dan Proyek Lainnya di Bidang Sumber Daya Air dengan Yayasan Air Adhi Eka yang merupakan wadah para purna tugas dari Kementerian PUPR.

Acara itu digelar pada Jumat (4/12) di Ruang Pusat Monitoring Bendungan Gedung Direktorat Jendral Sumber Daya Air di Komplek Kementerian PUPR  Jakarta. Acara tersebut turut dihadiri oleh jajaran direksi PT Indra Karya (Persero), sekretaris Direktorat Jendral Sumber Daya Air Kementerian PUPR, sekretaris Direktorat Jendral Cipta Karya Kementerian PUPR, ketua Yayasan Air Adhi Eka, Dewan Pembina Yayasan Air Adhi Eka serta beberapa tamu undangan lainnya.

Ketua Umum Yayasan Air Adhi Eka, Ir Adi Sarwoko Dipl HE dalam sambutannya mengungkapkan bahwa ini merupakan kerja sama strategis yang dilakukan untuk saling mendukung proyek-proyek pemerintah dengan badan usaha khususnya  di sektor  pengembangan sumber daya air (SDA). “Bentuk kerja sama ini merupakan langkah kami untuk mengembangkan kegiatan khususnya pada sektor sumber daya air dengan menggandeng PT Indra Karya (Persero) yang merupakan BUMN konsultan konstruksi yang berpengalama di Indonesia. Harapannya ke depan kami bisa memasilitasi kerja sama antara pemerintah dengan badan usaha  untuk memperkuat program-program pemerintah di sektor SDA dan juga pada sektor-sektor strategis lainnya,”  kata  Adi Sarwoko dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Direktur Utama PT Indra Karya (Persero), Milfan Rantawi mengemukakan, PT Indra Karya (Persero) yang memiliki tiga  lini bisnis utama Engineering, Developer, dan Industry ini, ke depan memiliki fokus untuk terus berkontribusi pada program-program strategis pemerintah khususnya di  sektor pengembangan SDA. Saat ini Indra Karya telah ikut terlibat pada beberapa program pemerintah. Salah satunya yakni untuk memperkuat Program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/ SDGs No 6 terkait dengan pemenuhan air bersih dan sanitasi sehat. 

“Hal tersebut sebagai bukti komitmen perusahaan untuk terus berkontribusi dan mendukung program pemerintah dalam pemenuhan 100 persen akses air bersih dan sanitasi sehat bagi masyarakat,” kata Milfan.

Tidak hanya itu, Milfan menambahkan, Indra Karya juga melihat potensi yang cukup besar di berbagai kawasan industri terkait penyediaan dan pengelolaan air bersih di kawasan tersebut. Oleh karena itu, Indra Karya sebagai konsultan BUMN yang bergerak di bidang jasa konsultan konstruksi perlu menggandeng kerja  sama dengan berbagai Stakeholder untuk mensukseskan program-program tersebut.

“Kegiatan kerjasama dengan Yayasan Air Adhi Eka ini merupakan kerja  sama strategis sebagai bentuk upaya kami dalam rangka mewujudkan ketercapaian program-program strategis pemerintah khususnya di sektor SDA  di mana saat ini potensi pengembangan di sektor SDA masih sangat besar untuk di kembangkan termasuk untuk mendukung program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/SDGs No 6 terkait pemenuhan akses air bersih dan sanitasi sehat yang merupakan turunan dari kegiatan di hulu yakni optimalisasi bendungan dan waduk yang masih cukup besar untuk memenuhi kebutuhan air bersih di berbagai kawasan industri di Indonesia,” paparnya.]

Dewan Pembina Yayasan Air Adhi Eka, Drs  Gembong Priyono MSc mengemukakan, pemilihan Indra Karya sebagai mitra Yayasan Air Adhi Eka dinilai dari berbagai pengalaman serta kemampuan PT Indra Karya (Persero) selama 59 tahun di sektor SDA  yang sudah tidak diragukan lagi. Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa penghargaan yang didapatkan Indra Karya sepanjang tahun 2020 ini, seperti penghargaan sebagai konsultan konstruksi terbaik versi majalah Infobank, Best Creative Branding pada ajang BUMN Branding and Marketing Award 2020 dan beberapa penghargaan lainnya. Oleh karena itu, peran Indra Karya sangat baik khususnya di proyek-proyek SDA.

“Indra Karya kami pilih sebagai mitra strategis bagi Yayasan Air Adhi Eka ini karena pengalaman serta kemampuan Indra Karya dalam melaksanakan proyek-proyek SDA, dimana Indra Karya ini merupakan BUMN konsultan konstruksi terbaik di Indonesia.  Atas dasar itu kami tidak ragu memilih Indra Karya sebagai mitra kerja sama Yayasan Air Adhi Eka yang memang memiliki keinginan untuk mengembangkan dan memperkuat kegiatan yayasan khususnya di  sektor SDA  termasuk untuk  optimalisasi  bendungan dan waduk yang ada untuk dapat memberikan nilai tambah kemanfaatannya bagi penyediaan air bersih bagi kawasan industri dan pembangkit listrik tenaga air dengan mendorong kerja  sama badan usaha terkait,”  ujar Gembong Priyono.

Terjalinnya kerja sama ini merupakan langkah positif PT Indra Karya (Persero) untuk terus berkontribusi pada pengerjaan proyek-proyek strategis di sektor SDA. Harapannya kerja sama dengan Yayasan Air Adhi Eka dapat membuka peluang perusahaan untuk menjalin kerja sama di sektor lainnya sehingga kedepan keberadaan PT Indra Karya (Persero) dapat terus memberikan kontribusi terbaik bagi pembangunan negeri. 

“Kerjasama ini merupakan suatu langkah positif PT Indra Karya (Persero) untuk terus berkontribusi pada program-program strategis di sektor SDA. Harapannya kerja  sama dengan Yayasan Air Adhi Eka dapat membuka peluang perusahaan untuk menjalin kerja  sama di sektor lainnya sehingga ke depan PT Indra Karya (Persero) dapat terus berperan dengan memberikan kontribusi terbaik bagi pembangunan negeri,” tutur  Milfan.

Pada kesempatan tersebut  Sekretaris Direktorat Sumber Daya Air, Ir  Charisal Akdiam Manu MSi dan Sekretaris Direktorat Jendral Cipta Karya, Ir T Iskandar  MT juga kompak secara bersamaan menyampaikan dukungannya atas kerja sama strategis ini. Hal itu  mengingat masih besarnya kebutuhan masyarakat dalam penyediaan air serta peluang peran serta badan usaha dalam pengembangan dan pembangunan SDA  di Indonesia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA