Tuesday, 6 Jumadil Akhir 1442 / 19 January 2021

Tuesday, 6 Jumadil Akhir 1442 / 19 January 2021

Gitanjali Rao Dinobatkan Jadi Kid of the Year Versi Time

Sabtu 05 Dec 2020 03:55 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Christiyaningsih

Majalah Time menobatkan Gitanjali Rao (15 tahun) sebagai Kid of the Year. Ilustrasi.

Majalah Time menobatkan Gitanjali Rao (15 tahun) sebagai Kid of the Year. Ilustrasi.

Foto: Youtube
Gitanjali adalah seorang ilmuwan dan penemu asal Denver, Colorado, AS

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON — Majalah Time menobatkan Gitanjali Rao (15 tahun) sebagai Kid of the Year, Jumat (4/12). Dia menjadi anak pertama yang meraih predikat tersebut.

Gitanjali adalah seorang ilmuwan dan penemu asal Denver, Colorado, Amerika Serikat (AS). Dia telah menemukan teknologi di berbagai bidang. Satu di antaranya adalah membuat aplikasi serta ekstensi Chrome menggunakan kecerdasan buatan untuk mendeteksi perundungan siber.

Terdapat lima ribu nominasi Kid of the Year Majalah Time yang berbasis di AS. Komite anak muda dan presenter televisi Trevor Noah kemudian memilih lima finalis. Gitanjali dan empat anak lainnya dijadwalkan diberi penghargaan dalam acara televisi spesial pada Jumat pekan depan.

Dalam sebuah wawancara dengan aktris sekaligus aktivis kemanusiaan Angelina Jolie, Gitanjali mengutarakan keinginannya untuk berkontribusi memecahkan masalah yang dihadapi dunia. “Saya tidak terlihat seperti ilmuwan pada umumnya. Semua yang saya lihat di TV adalah seorang ilmuwan yang lebih tua, biasanya berkulit putih,” kata Gitanjali, dikutip dari laman the Guardian.

Dia mengakui memiliki keinginan untuk menginspirasi orang-orang. “Tujuan saya benar-benar telah berubah. Tidak hanya dari membuat perangkat sendiri untuk menyelesaikan masalah dunia, tetapi menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama juga,” ujarnya.

“Karena, dari pengalaman pribadi, tidaklah mudah apabila Anda tidak melihat orang lain seperti Anda. Jadi saya benar-benar ingin mengeluarkan pesan itu: Jika saya bisa melakukannya, Anda bisa melakukannya, dan siapa pun bisa melakukannya,” kata Gitanjali.

Time mulai membuat Man of the Year pada 1927. Media ini kemudian memperbaruinya dengan Person of the Year. Namun baru kali ini Time memberi penghargaan Kid of the Year. Tahun lalu, aktivis iklim berusia 16 tahun Greta Thunberg turut diberi penghargaan oleh Time.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA