Jumat 04 Dec 2020 20:55 WIB

Doa Dzikir Umroh yang Biasa Diamalkan Rasulullah

Sepanjang thawaf, membaca doa saat berada di antara Rukun Yamani dan Hajar Aswad.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Fakhruddin
Doa Dzikir Umroh yang Biasa Diamalkan Rasulullah (ilustrasi).
Foto: EPA-EFE/SAUDI MINISTRY OF HAJJ
Doa Dzikir Umroh yang Biasa Diamalkan Rasulullah (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Selama umroh banyak ibadah rukun dan sunnah yang dijalankan yang masing-masing di antaranya ada doa dan dzikir khusus yang biasa diamalkan Rasulullah. Di antara rukun ibadah umroh adalah thawaf, sa'i, tahalul dan sunnahnya minum air zamzam.

Mengutip buku Fiqih Umrah karangan Muhammad Ajib Lc, MA menuliskan doa ketika thawaf. Pada setiap awal putaran  pertama thawaf sampai dengan ketujuh berdiri menghadap Hajar Aswad dengan seluruh badan atau miring sebagian badan atau menghadapkan muka saja  sambil mengangkat tangan dan  membaca.

"Bismilahi Allahakbar  yang artinya. Dengan nama Allah, Allah Maha Besar." 

Ketika membaca lafaz itu kita harus mengecap tangan kanan, lalu mulailah bergerak dengan posisi Ka'bah di sebelah kiri. Sepanjang thawaf, membaca doa saat berada di antara Rukun Yamani dan Hajar Aswad.  

 

Doa saat thawaf yang selalu dibaca  oleh Rasulullah SAW adalah doa sapu jagad,  yaitu: RABBANA ATINA FIDDUNYA  HASANATAN WA FIL AKHIRATI  HASANATA WA QINA ‘ADZABANAR Artinya: 

"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan  di dunia dan kebaikan di akhirat, dan  peliharalah kami dari siksa api neraka."

Doa Setelah thawaf Setelah selesai tujuj  kali putaran bergeser sedikit ke kanan  dari arah sudut Hajar Aswad menghadap bagian dinding Ka'bah yang disebut Multazam, dan berdo'a sesuai harapannya/keinginannya dengan bahasa apapun. 

Salah satu do‘a yang dianjurkan adalah sebagai berikut terjemaahannya:

Ya Allah, yang memelihara Ka'bah ini, bebaskanlah dari kami, bapak dan ibu kami, saudara-saudara dan anak-anak kami dari siksa neraka, wahai Tuhan Yang Maha Pemurah, Dermawan dan mempunyai keutamaan, kemulian, kelebihan, anugerah, pemberian dan kebaikan.

Ya Allah, perbaikilah kesudahan segenap urusan kami dan jauhkanlah dari kehinaan dunia dan siksa di akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku adalah hamba-Mu, anak dari hamba-Mu, tegak merapat berdiri di bawah pintu Ka'bah-Mu menundukkan diri dihadapan-Mu sambil mengharapkan rahmat-Mu, kasih sayang-Mu, dan takut akan siksa-Mu. Wahai Tuhan pemilik kebaikan abadi, aku mohon pada-Mu agar Engkau tinggikan namaku, hapuskan dosaku, perbaiki segala urusanku, bersihkan hatiku berikan cahaya kelak dalam kuburku. Ampunilah dosaku dan aku mohon pada-Mu martabat yang tinggi didalam surga.

Doa Ketika Minum Air Zam-zam Do'a 

yang diajarkan Nabi sebagai berikut yang diterjemaahkan.

"Ya Allah aku memohon ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rizqi yang luas dan kesembuhan dari segala penyakit dan kepedihan dengan rahmat-Mu ya Allah Tuhan Yang Maha Pengasih dari segenap yang pengasih."

Doa Ketika Mulai Sa’i yang terjemaahnya.

"Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Aku mulai dengan apa yang telah dimulai oleh Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Shafa dan Marwah sebagian dari syiar-syiar (tanda kebesaran) Allah. Maka barang siapa yang beribadah haji ke Baitullah ataupun berumroh, maka tidak ada dosa baginya mengerjakan sa'i antara keduanya. Dan barang siapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan rela hati, maka sesungguhnya Allah Maha Penerima Kebaikan lagi Maha Mengetahui. 

Doa Ketika Selesai Sa’i  

Ya Allah Ya Tuhan Kami, terimalah amalan kami, berilah perlindungan kepada kami, ma’afkanlah kesalahan kami dan berilah pertolongan kepada kami untuk taat dan bersyukur kepada-Mu. Janganlah Engkau jadikan kami bergantung selain kepada-Mu. Matikanlah kami dalam iman dan Islam secara sempurna dalam keridhaan-Mu. Ya Allah rahmatilah kami sehingga mampu meninggalkan segala kejahatan tidak berbuat hal yang berguna. Karuniakanlah kepada kami sikap pandang yang baik terhadap apa-apa yang membuat-Mu Ridha terhadap kami. Wahai Tuhan Yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih.

Doa Ketika Mencukur Rambut 

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar,  Allah Maha Besar. Segala puji bagi Allah yang telah memberi petunjuk kepada kita dan segala puji Bagi Allah tentang apakepada  kami. apa yang tel Ya Allah ini ubunah Allah karuniakan ubunku, maka terimalah dariku (amal  perbuatanku) dan ampunilah dosa Ya Allah ampunilah orang-dosaku orang yang mencukur dan memendekkan rambutnya wahai Tuhan yang Maha Luas ampun anNya.  

Ya Allah tetapkanlah untuk diriku  setiap  helai rambut kebajikan dan hapuskanlah  untukku dengan setiap helai rambut kejelekan. Dan angkatlah derajatku  di sisi-Mu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement