Jumat 04 Dec 2020 11:47 WIB

Simulasi Komputer Temukan Bukti Bagaimana Bulan Terbentuk

Bulan mungkin terbentuk dari tabrakan antara Bumi awal dan objek masif lain.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Bulan
Foto: en.wikipedia.org
Bulan

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Bulan mungkin terbentuk dari tabrakan raksasa antara Bumi awal dan objek masif lainnya pada 4,5 miliar tahun lalu. Teori ini terbukti dari simulasi yang dipimpin oleh para astronom Durham University, Inggris.

Mereka menjalankan simulasi superkomputer di fasilitas DiRAC High-Performance Computing untuk mengirim planet seukuran Mars, yang disebut Theia, menabrak bumi purba.

Simulasi mereka menghasilkan benda yang mengorbit yang berpotensi berevolusi menjadi objek mirip Bulan. Ini bukanlah bukti pasti dari asal muasal Bulan. Namun, simulasi ini menjadi tahap yang menjanjikan dalam memahami bagaimana Bulan mungkin terbentuk.

Penemuan ini dipublikasikan di jurnal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society, seperti diberitakan di Phys, Jumat (4/12).

Menurut teori, Bulan diperkirakan terbentuk dalam tabrakan antara Bumi awal dan Theia, yang diyakini para ilmuwan mungkin merupakan planet kuno di tata surya kita, seukuran Mars.

Para peneliti menjalankan simulasi untuk melacak materi dari Bumi awal dan Theia selama empat hari setelah tabrakan. Ilmuwan kemudian menjalankan simulasi lain setelah memutar Theia seperti bola biliar.

Tabrakan yang disimulasikan dengan Bumi awal menghasilkan hasil yang berbeda tergantung pada ukuran dan arah putaran awal Theia. Di satu sisi, tabrakan menggabungkan dua objek menjadi satu sementara di sisi lain ada benturan tabrak lari yang merumput.

Yang penting, simulasi di mana tidak ada putaran yang ditambahkan ke Theia menghasilkan gumpalan material yang memiliki gravitasi sendiri dengan massa sekitar 80 persen dari Bulan, sementara objek mirip Bulan lainnya dibuat ketika sejumlah kecil putaran ditambahkan.

Gumpalan yang dihasilkan, yang mengendap di orbit di sekitar Bumi pasca-tabrakan, akan tumbuh dengan menyapu cakram puing yang mengelilingi planet kita. Rumpun yang disimulasikan juga memiliki inti besi kecil, mirip dengan Bulan, dengan lapisan luar bahan yang terbuat dari Bumi dan Theia awal.

Analisis terbaru dari rasio isotop oksigen dalam sampel bulan yang dikumpulkan oleh misi luar angkasa Apollo menunjukkan bahwa campuran awal Bumi dan material penabrak mungkin telah membentuk Bulan.

Penulis utama studi, Sergio Ruiz-Bonilla, Ph.D. peneliti di Institut Kosmologi Komputasi Universitas Durham, menjelaskan dengan menambahkan jumlah putaran yang berbeda ke Theia dalam simulasi, atau dengan tidak memiliki putaran sama sekali, memberi berbagai macam hasil yang berbeda untuk apa yang mungkin terjadi ketika Bumi awal tertabrak benda besar miliaran tahun yang lalu.

"Sangat menarik bahwa beberapa simulasi kami menghasilkan rumpun materi yang mengorbit yang relatif tidak jauh lebih kecil dari Bulan, dengan piringan materi tambahan di sekitar Bumi pasca-tumbukan yang akan membantu gumpalan tumbuh dalam massa seiring waktu," jelasnya.

Tim peneliti yang dipimpin Durham sekarang berencana untuk menjalankan simulasi lebih lanjut yang mengubah massa, kecepatan dan laju pemintalan dari target dan penabrak untuk melihat apa efeknya pada pembentukan Bulan potensial.

Rekan penulis Dr. Vincent Eke, dari Institut Kosmologi Komputasi Universitas Durham, mengatakan bahwa para peneliti mendapatkan sejumlah hasil yang berbeda tergantung pada apakah simulasi memperkenalkan putaran ke Theia atau tidak sebelum menabrak Bumi awal.

"Mungkin ada sejumlah kemungkinan tabrakan yang belum diselidiki yang bisa membuat kita lebih dekat untuk memahami bagaimana Bulan terbentuk," kata Dr. Eke.