Jumat 04 Dec 2020 10:56 WIB

Prodi Biosain FMIPA UNS Raih Akreditasi A

Persiapan akreditasi dilakukan secara maksimal jauh-jauh hari

Rep: Binti Sholikah/ Red: Dwi Murdaningsih
Universitas Sebelas Maret
Universitas Sebelas Maret

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Program Studi (Prodi) Biosains pada Program Magister Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo berhasil mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Akreditasi tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) BAN-PT Nomor : 6852/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/XI/2020 Tentang Peringkat Akreditasi Program Studi Biosain pada Program Magister UNS yang ditandatangani Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT, T Basaruddin, Oktober 2020.

Dalam proses akreditasi tersebut, Prodi Biosain harus melengkapi sejumlah berkas yang diminta sebagai persyaratan untuk reakreditasi. Asesmen dilakukan secara daring dengan asesor BAN-PT terdiri atas, Tati Suryati Syamsudin dari Intitut Teknologi Bandung (ITB), Burhanudin Arafah dari Universitas Hasanudin (Unhas) Makassar dan Yosephine Sri Wulan Manuhara dari Departemen Biologi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Baca Juga

Kepala Prodi (Kaprodi) Biosain FMIPA UNS, Ari Susilowati mengatakan, persiapan akreditasi dilakukan secara maksimal jauh-jauh hari. Persiapan melibatkan mahasiswa, alumni, pengguna lulusan, dosen, tim borang, tenaga kependidikan, unit layanan, unit penjaminan mutu pengelola program studi baik di pascasarjana maupun FMIPA serta pimpinan Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP).

Ari menyatakan, meski awalnya diliputi rasa khawatir, tetapi dengan kerja keras dan keyakinan akhirnya Prodi Biosain mampu mendapatkan nilai A.

"Awalnya saya takut dan khawatir, kalau tidak berhasil mendapatkan nilai maksimal, tapi saya juga yakin kalau Prodi Biosain mempunyai kualitas yang bagus untuk bisa mendapatkan nilai A," ujar Ari seperti tertulis dalam siaran pers, Kamis (3/12).

Selama proses persiapan akreditasi, dilakukan pendampingan oleh LPPMP UNS melalui Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME). Sedangkam di tingkat Fakultas ada pendampingan dengan dua orang asesor internal.

Menurut Ari, dengan diperolehnya nilai akreditasi A menunjukkan Prodi Biosain benar-benar bagus, karena asesornya menilai dengan sangat efisien di setiap butir borang. Ari mengaku bisa meyakinkan asesor jika Prodi Biosain bekerja dengan pendekatan ilmu terkini di bidang biologi molekuler, NGS (Next Generation Sequencing), isozim dengan sds page dan nano teknologi, kultur in vitro sel hewan dan tumbuhan. Hal itu disampaikan dengan menunjukkan video pekerjaan di laboratorium dan penelitian tesis mahasiswa dan dosen.

"Asesor juga merasa puas dan senang ketika berdioalog baik dengan mahasiswa, alumni maupun pengguna," imbuh Ari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement